Kamis, 14 Juni 2018

Persamaan Dasar Akuntansi

Tags



Tak sedikit orang yang belum paham dengan persamaan dasar akuntansi. Ilmu akuntansi bukan hanya sekadar debit dan kredit, seimbang atau tidak seimbang, tapi lebih dari itu.  Namun, untuk mempelajari lebih dalam tentang akuntansi, Anda harus memahami pondasinya, yaitu apa yang disebut dengan persamaan dasar akuntansi.  Hal tersebut sangat penting untuk membentuk mindset Anda dalam mengelola keuangan secara baik dan benar, baik keuangan di tingkat keluarga maupun perusahaan.  Penulis mencoba membahas secara umum saja, apa yang menjadi pokok intisari dari persamaan dasar akuntansi.

Persamaan dasar akuntansi terdiri dari rumus (aset = utang + modal) atau dengan simbol (A = U + M).  Aset adalah segala sesuatu yang dimiliki berujud fisik, baik tetap maupun tidak tetap. Contohnya uang kas, tanah, rumah, peralatan, dan kendaraan.  Utang adalah segala kewajiban yang harus dibayar selama periode tertentu. Utang bisa berbentuk utang jangka pendek seperti utang bunga dan utang bank, maupun utang jangka panjang seperti hipotik.  Modal adalah segala kekayaan yang dimiliki berupa uang dan barang.  Memahami secara mendalam ketiga poin yang membentuk persamaan dasar akuntansi akan membantu Anda merencanakan keuangan yang terbaik dalam keluarga dan perusahaan.

Aset pada umumnya dalam ilmu akuntansi disebut debit, sedangkan utang dan modal disebut kredit. Cara berfikir yang perlu Anda bentuk adalah segala hal yang menambah aset harus seimbang dengan penambahan utang dan modal.  Begitu juga sebaliknya, pengurangan terhadap aset juga harus seimbang dengan pengurangan terhadap utang dan modal.

Aplikasi nilai-nilai akuntansi ke dalam praktik kehidupan sehari-hari begitu mudah jika Anda sudah memahami pondasinya.  Anda jadi tau bagaimana mengelola kas, dan bagaimana agar berhutang tidak melampaui batas kemampuan. Disamping itu dengan memahami persamaan dasar akuntansi jadi mudah bagi Anda dalam berbisnis yaitu menghitungan penjualan, biaya dan rugi laba.

Ada beberapa aplikasi online yang bisa Anda download secara gratis di google untuk kategori financial check up.  Agar tidak bergantung pada aplikasi online, maka harus membiasakan diri dalam menghitung pengeluaran rumah tangga atau perusahaan. Bagaimana menghitung penghasilan dan membuat cadangan kas apabila suatu saat hidup Anda tidak terganggu apabila terjadi keadaan diluar kendali seperti bangkrut dari bisnis atau kena PHK.


EmoticonEmoticon