Senin, 28 Mei 2018

Tabungan Rencana Anak

Tags



Siklus kehidupan manusia cuma terdiri dari lahir, menikah, punya anak, pensiun/masa tua. Setiap orang tua menginginkan anak-anaknya memiliki masa kecil yang bahagia, mengikuti pendidikan dari tingkat dasar sampai ke jenjang perguruan tinggi. Sebuah cita-cita mulia.

Penulis mencoba mengelaborasi tentang tabungan rencana yang dipersiapkan buat anak-anak, sehingga saat mereka menginjak di bangku sekolah sudah siap sedia dananya. Kapan menyiapkan dana tabungan rencana si buah hati?  Ya sebaiknya sudah disiapkan mulai dari dalam kandungan, disisihkan sedikit demi sedikit.

Di dunia perbankan, sudah tersedia produk untuk mempersiapkan dana buat si buah hati, dikenal dengan produk Tabungan Rencana. Produk ini mengkondisikan agar para orang tua menyisihkan sebagian dari penghasilannya untuk tabungan rencana anak sesuai periode yang dipilih misalnya tiap bulan.

Sebagai ilustrasi, misalnya per anak tiap bulan disisihkan Rp 500.000 selama 12 bulan atau 24 bulan, dan seterusnya. Dengan begitu, tabungan rencana yang sudah disiapkan membuat ketenangan akan masa depan anak dan orang tua itu sendiri. Jujur saja, tidak sedikit orang tua yang mengabaikan dana khusus buat anak-anaknya, akibatnya orang tua sering kelabakan pada saat anaknya masuk sekolah. Orang tua harus mencari pinjaman baik ke bank atau ke saudara guna membiayai sekolah anaknya. Semoga para orang tua semakin sadar dan mempersiapkan diri dengan matang sebelum mereka ingin mempunyai anak. Karena masa depan anak tergantung dari kesiapan mental dan finansial orang tuanya.


EmoticonEmoticon