Selasa, 29 Mei 2018

Asuransi sebagai Warisan Kekinian

Tags




Apa yang ada di benak Anda kalau sudah bicara tentang warisan?  Sebagian besar tentu menganggap warisan adalah tentang pembagian harta orang tua misalnya berupa tanah (properti) kepada anak-anaknya. Perlu Anda tahu, tidak jarang hanya karena warisan sesama saudara bisa bertengkar, bahkan sampai ada yang mempidanakan orang tuanya ke pengadilan hanya karena masalah warisan. Oke, tunggu dulu, warisan yang akan diulas di sini memang agak “berbeda” dan kekinian, yaitu asuransi, iya asuransi.

Lho kok asuransi?  Mungkin di pikiran Anda asuransi itu merupakan sesuatu yang bermanfaat hanya untuk melindungi kita dari peristiwa yang tidak diinginkan di masa datang, alias sedia payung sebelum hujan.  Dan asuransi itu sesuatu yang akan Anda nikmati setelah Anda meninggal. Kok mau-maunya menikmati sesuatu setelah meninggal?  Pemahaman sederhananya adalah setelah Anda meninggal segala tanggungan yang Anda tinggalkan, akan dicover semua oleh asuransi. Jadi tidak ada beban tanggungan yang akan Anda tinggalkan dan Anda wariskan. Sejatinya yang akan menikmati nilai pertanggungan asuransi Anda adalah pasangan dan anak-anak Anda.

Kenapa asuransi disebut sebagai salah satu bentuk warisan yang kekinian? Karena, umumnya sebagian besar orang mengikuti program asuransi, baik asuransi jiwa maupun jenis lainnya, hanya untuk melindungi diri sendiri atau aset yang diasuransikan, an sich. Maka dari itu, segala nilai pertanggungan yang akan Anda peroleh di kemudian hari akan dinikmati oleh para pewaris Anda, yaitu pasangan dan atau anak-anak Anda.  Sederhana bukan. Permasalahannya, apakah Anda berniat ikut program asuransi atau tidak, itu saja. Ada semacam katabuan di sebagian masyarakat Indonesia yaitu bahwa dengan ikut asuransi maka menganggap sesuatu akan terjadi pada dirinya.

Terlepas dari seberapa besar nilai polis asuransi yang harus Anda bayarkan tiap bulan, banyak orang tua menganggap hal ini sudah menjadi suatu kebutuhan. Disamping untuk melindungi diri sendiri, juga untuk mewariskan nilai finansial yang tidak sedikit kepada para pewaris Anda.

Ada banyak asuransi yang tersedia di pasaran, tinggal Anda memilih sendiri asuransi mana yang cocok dengan Anda. Sebagai contoh ada asuransi Manulife, Prudential, AXA Mandiri, BRI Life, Asuransi Jiwa Bumi Putera, dan masih banyak lagi. Persiapkan masa tua Anda dengan baik dan seperlunya. Happy life.


EmoticonEmoticon