Minggu, 27 Mei 2018

Financial Check Up

Tags



Saat Anda tahu kondisi kesehatan keuangan Anda, apa reaksi Anda ? Tentu senang atau malah prihatin. Nah, cara atau alat untuk memeriksa kondisi kesehatan keuangan Anda (financial check up) sudah tersedia di luar sana bahkan secara online pun.  Di sini, penulis akan membahas suatu alat yang disaring dari berbagai teori ekonomi dan keuangan untuk mengetahui apakah kondisi kesehatan keuangan Anda dalam keadaan sehat, kurang sehat atau sakit.

Alat yang akan diulas di sini bisa Anda gunakan dengan beragam latar belakangan pekerjaan, baik karyawan, pengusaha atau pun profesi.  Alat ini sangat sederhana, karena untuk mengetahui  pondasi dasar keuangan Anda, mulai dari berapa jumlah kas (tunai dan tabungan) yang dimiliki, utang yang harus dibayar, dan besar biaya hidup per bulan.  Alat ini sangat presisi atau tepat menilai kesehatan keuangan Anda.  Yuk, periksalah kesehatan keuangan Anda, agar bisa menjalani dan menikmati hidup secara utuh tanpa kepura-puraan.
Pertama, dimulai dari berapa jumlah dana yang Anda miliki saat ini.  Dana ini meliputi uang tunai baik yang ada di dompet, bank, dan brankas. Uang di sini benar-benar milik sendiri, bukan dana orang lain.  Kedua, berapa jumlah hutang yang harus Anda cicil per bulan.  Hutang di sini bisa berupa hutang kepada teman atau saudara, hutang kepada bank atau leasing, dan hutang kepada rentenir (pinjaman harian).  Ketiga, besarnya biaya hidup per bulan.  Biaya hidup meliputi kebutuhan hidup sehari-hari (makan dan minum), biaya sekolah, transportasi dan komunikasi, dan biaya listrik. Kemudian ke-3 pos di atas, dirangkum ke sebuah rumus singkat, Pertama > (Kedua + Ketiga).  Dengan kata lain, jumlah uang kas yang Anda miliki harus selalu lebih besar dari jumlah hutang dan biaya hidup bulanan Anda. Tidak boleh dibalik.  

Setelah menentukan rumus singkat di atas, terapkanlah besaran angka pada kondisi keuangan Anda, dan Anda pun akan tahu berapa tingkat kondisi kesehatan keuangan Anda, apakah sehat, kurang sehat atau sakit. Kondisi Sehat apabila poin Pertama jauh lebih besar dari angka penjumlahan poin Kedua dan Ketiga. Kondisi Kurang Sehat apabila jumlah poin Pertama mendekati penjumlahan poin Kedua dan Ketiga.  Dan kondisi Sakit apabila jumlah poin Pertama lebih kecil dari poin penjumlahan Kedua dan Ketiga.

Ilustrasi dalam angka untuk kondisi keuangan SEHAT, yaitu jumlah dana kas yang dimiliki saat ini sebesar Rp 10 juta, jumlah angsuran hutang Rp 2 juta per bulan dan biaya hidup Rp 3 juta per bulan.  Ilustrasi dalam angka untuk kondisi keuangan KURANG SEHAT, yaitu jumlah dana kas yang dimiliki saat ini sebesar Rp 10 juta, jumlah hutang Rp 4,5 juta per bulan dan biaya hidup Rp 5 juta per bulan.  Ilustrasi dalam angka untuk kondisi keuangan SAKIT, yaitu jumlah dana kas yang dimiliki saat ini sebesar Rp 10 juta, jumlah angsuran hutang Rp 5 juta per bulan dan biaya hidup Rp 6 juta per bulan.

Nah, tentu sekarang Anda sudah tahu tingkat kesehatan keuangan masing-masing bukan.  Demikian tips singkat financial check up dari penulis.  Lakukanlah financial check up secara rutin. Selamat mencoba, dan semoga bermanfaat.


EmoticonEmoticon