07 Desember 2020

Pengertian Private Placement dan Contohnya


Dunia investasi dipenuhi dengan beragam istilah sehingga menuntut investor memahami istilah-istilah tersebut agar tidak keliru menganalisis informasi dan mengambil keputusan investasi. Salah satu istilah yang sering ditemukan di pasar modal adalah Private Placement. Berikut akan diuraikan pengertian Private Placement dan contohnya.

Private Placement adalah penawaran saham baru terbatas hanya kepada kalangan tertentu saja tanpa hak memesan efek terlebih dahulu. Kalangan tertentu saja bisa investor profesional atau perusahaan Manajer Investasi, perusahaan, dan lain-lain.

Private Placement merupakan salah satu aksi korporasi yang mirip dengan Initial Public Offering (IPO) dan Right Issue. Meski memiliki kesamaan dalam hal penerbitan saham baru, namun terdapat sejumlah perbedaan mendasar di antara ketiga aksi korporasi tersebut.

Private Placement yang dilakukan emiten harus mendapat persetujuan terlebih dahulu melalui Rapat Umum Pemegang Saham. Aksi korporasi apa pun yang terkait dengan penambahan sumber pendanaan atau permodalan yang berakibat pada perubahan susunan kepemilikan perusahaan wajib mendapat persetujuan terlebih dahulu dalam Rapat Umum Pemegang Saham.

Sebagai contoh emiten yang melakukan aksi Private Placement adalah PT Media Nusantara Citra (MNC) Tbk pada tahun 2020 ini. Perusahaan MNC Group dengan kode emiten MNCN ini melakukan Private Placement dengan menerbitkan saham baru sebanyak lembar 600 juta lembar saham dengan nominal IDR100 per lembar pada bulan Agustus 2020, dan 173.684.210 lembar saham dengan nominal IDR100 per lembar pada Oktober 2020.

Pada Private Placement bulan Agustus 2020, MNCN berhasil mendapatkan investor Scotts Capital Investment Corporation. Dan pada Private Placement bulan Oktober 2020, MNCN juga berhasil mendapatkan investor Value Partner Greater China.

Nah, demikian penjelasan singkat pengertian Private Placement dan contohnya. Semoga sedikit memberi pemahaman bagi masyarakat pemodal tentang aksi korporasi dalam mencari sumber pendanaan melalui penerbitan saham baru.

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon