19 Desember 2020

Pengertian Insider Trading dan Contohnya


Pasar modal sangat sensitif terhadap isu yang menyangkut informasi strategis yang berdampak pada harga saham suatu emiten. Informasi strategis yang dimaksud terkait dengan rencana bisnis atau aksi korporasi emiten yang berdampak langsung pada pergerakan harga saham di lantai bursa.

Investor dalam membeli atau menjual saham di pasar modal jelas sekali mengantongi beberapa informasi guna mendukung keputusan investasi yang diambil. Namun, kadang kala informasi yang diperoleh investor tidak hanya bersumber dari pihak ketiga, namun juga bisa bersumber dari orang dalam perusahaan emiten. Nah, informasi dari orang dalam yang demikian sudah bisa dikategorikan sebagai Insider Trading.

Insider Trading adalah praktik perdagangan efek saham oleh investor yang memanfaatkan informasi penting yang bersumber dari orang dalam perusahaan. Investor mendapat informasi lebih dulu dari orang dalam sebelum dipublikasikan oleh emiten ke media massa.

Dengan melakukan praktik Insider Trading, investor berharap akan memperoleh keuntungan dari transaksi pembelian atau penjualan efek yang dilakukan.  Sehingga sebisa mungkin investor sangat menutup rapat informasi yang sudah diperoleh dari orang dalam perusahaan emiten tersebut.

Sesuai ketentuan Undang-Undang Pasar Modal dan Peraturan Otoritas Bursa Efek Indonesia bahwa Insider Trading termasuk salah satu praktik pelanggaran protokol perdagangan bursa dan sudah masuk ke dalam ranah pidana dengan ancaman hukuman penjara dan denda. Praktik Insider Trading dilarang karena termasuk tindakan kecurangan yang melanggar asas keadilan dan keterbukaan informasi pasar modal.

Sebagai contoh ilustrasi, Bapak Indro seorang investor ritel berencana membeli saham PT Maju Ikhlas. Berdasarkan informasi yang bersumber dari orang dalam, perusahaan PT Maju Ikhlas akan berekspansi bisnis dengan membuka pabrik baru di luar negeri. Rencana ekspansi bisnis tersebut masih dirahasiakan ke publik, namun oleh oknum direksi dibocorkan ke investor tertentu yakni Bapak Indro. Tindakan seperti itu sudah dikategorikan sebagai praktik Insider Trading.

Nah, sudah mulai paham kan pengertian Insider Trading dan contohnya. Semoga penjelasan singkat di atas bisa meningkatkan literasi investasi masyarakat pemodal dalam negeri. Dengan menerapkan praktik investasi sehat dapat mendorong pertumbuhan pasar modal domestik agar semakin kuat dan siap bersaing menghadapi para pelaku industri pasar modal luar negeri.

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon