14 Desember 2020

Networking Modal Penting Bisnis


Di samping dana sebagai modal utama dalam bisnis, terdapat modal lain yang tak kalah penting yaitu Networking. Kegiatan bisnis yang dilakukan sendiri tanpa memanfaatkan jaringan atau networking akan tidak maksimal hasil pendapatan yang akan diperoleh. Networking memiliki korelasi positif dengan omzet pendapatan usaha, semakin luas networking bisnis maka semakin besar omzet pendapatan usaha.

Networking adalah jaringan relasi pertemanan, mitra bisnis, pemasok, produsen, pelaku usaha, pejabat, aparat, komunitas, organisasi asosiasi dan regulator yang bermanfaat bagi perkembangan bisnis dalam jangka panjang. Semakin banyak networking yang dibangun, maka semakin cepat bisnis berkembang.

Cara membangun networking dalam bisnis butuh proses dan waktu. Semakin lama bisnis berjalan maka semakin banyak pula networking yang terbentuk. Belajar dan selalu memetik pelajaran dari setiap proses bisnis akan meningkatkan kualitas relasi yang terbangun. Pada gilirannya akan berdampak positif pada perkembangan bisnis dalam jangka panjang.

Networking tidak datang dengan sendirinya, melainkan dibangun secara bertahap. Melakukan komunikasi dan pertemuan informal secara rutin dengan berbagai relasi merupakan bagian dari proses membangun networking. Karena esensi dari semua bisnis adalah saling melayani dan saling menguntungkan untuk semua pihak. Tidak ada istilah hanya salah satu pihak yang diuntungkan dalam sebuah networking.

Sebagai contoh, pada saat memulai sebuah usaha baru, tentu pihak yang pertama kali dihubungi adalah relasi, kenalan, teman, dan mitra bisnis. Dari networking tersebut dapat membantu pelaku bisnis dalam memenuhi beberapa hal yang dibutuhkan, mulai dari stok bahan baku, barang dagangan, pemasaran, calon konsumen, dan permodalan.

Contoh lainnya adalah bagaimana bisnis yang sudah dibangun lama dalam perjalanannya harus menemui sebuah tantangan berupa permasalahan hukum dengan pihak eksternal perusahaan. Pelaku usaha kemudian bisa memanfaatkan networking yang dimiliki berupa akses ke beberapa pejabat dan aparat yang bisa membantu secara profesional dalam menyelesaikan permasalahan hukum yang sedang dihadapi perusahaan.

Masih banyak contoh lain yang menunjukkan bagaimana networking menjadi modal penting bisnis. Satu hal yang harus diingat bahwa bisnis adalah kepercayaan. Berupayalah agar selalu mengambil pelajaran positif dari setiap proses bisnis yang dilakukan. Semakin bagus kualitas dan luas cakupan sebuah networking yang terbangun, maka semakin baik dampaknya bagi bisnis yang dijalankan.

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon