20 November 2020

Modus Lama Penipuan SMS Berhadiah


Kerap terjadi hampir setiap hari layanan Short Message Service atau SMS datang silih berganti berisikan informasi mendapat undian berhadiah cek tunai dan bentuk lainnya. Hal tersebut menunjukkan upaya hukum terhadap pelaku penipuan masih belum membuat jera para pelaku. Sekilas modus penipuan tersebut seperti sungguhan tetapi bila melihat nomor ponsel selalu menggunakan nomor tidak resmi. 

Padahal perusahaan yang menginformasikan pemenang suatu undian selalu menghubungi konsumen via telepon, email, dan SMS menggunakan nomor resmi perusahaan bukan nomor abal-abal. Belum lagi website yang digunakan pelaku penipuan kebanyakan menggunakan website gratisan alias website palsu.

Kehadiran SMS penipuan ini tidak lepas dari lemahnya peran perusahaan operator seluler yang dengan gampang menjual nomor ponsel tanpa memikirkan efek negatif lanjutannya. Kebanyakan syarat pengaktifan nomor sangat mudah hanya dengan memasukkan sembarang nomor Kartu Tanda Penduduk dan Kartu Keluarga.

Lebih parahnya lagi apabila konsumen yang menjadi korban target pelaku kejahatan penipuan sampai mau percaya dan melakukan langkah-langkah yang diinstruksikan di dalam SMS penipuan tersebut. Tidak sedikit yang kena SMS penipuan tersebut. Mulai dari diminta mentransfer sejumlah uang tertentu terlebih dahulu sampai mengisi informasi pribadi pada website palsu yang diberikan pelaku.

Itulah modus lama penipuan SMS berhadiah yang tak lekang oleh zaman. Jadi, cuek saja bila mendapat SMS berhadiah seperti itu, bila perlu nomornya langsung diblokir saja. Oke, sekian dulu berbagi informasi seputar kejahatan keuangan semoga bermanfaat.

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon