27 Oktober 2020

Tahapan Transaksi Tokopedia dari Sisi Pembeli


Belanja di era digital serba praktis dan cepat. Semua kebutuhan tersedia dan bisa dipenuhi hanya dalam satu genggaman. Marketplace online seperti Tokopedia, Shopee, Alibaba, Amazon, dan masih banyak lagi, siap melayani konsumen dari mana pun dan kapan pun.

Tokopedia sebagai salah satu supermarket digital merupakan perusahaan unicorn dengan jutaan pedagang yang melayani puluhan juta konsumen di seluruh Indonesia. Jumlah penjual dan pembeli di marketplace Tokopedia tersebut akan terus meningkat dari waktu ke waktu.

Sebagai pemimpin pasar industri marketplace online tanah air bersama Shopee, pihak Tokopedia akan terus berinovasi dalam melayani penjual dan pembelinya baik dari sisi kemudahan maupun keamanan dalam bertransaksi. Calon konsumen Tokopedia diharapkan tidak perlu bingung dan takut dalam menggunakan platform aplikasi Tokopedia dalam memenuhi segala kebutuhan dan keinginannya.

Bagi calon pembeli yang hendak bertransaksi di Tokopedia mungkin bingung akan tahapan transaksi yang ada di platform aplikasi tersebut. Agar calon pelanggan Tokopedia tidak bingung dan takut, berikut penjelasan tahapan transaksi Tokopedia dari sisi pembeli.

Pertama, pastikan Anda sudah mendaftar di platform aplikasi Tokopedia. Setelah terdaftar sebagai pengguna Tokopedia, Anda pun sudah bisa bertransaksi atau berbelanja barang kebutuhan sesuka.

Kedua, bila ingin membeli barang yang dibutuhkan atau diinginkan, klik tombol Beli langsung. Atau bila ingin belanja banyak barang, Anda bisa klik simbol tambah keranjang belanja dulu.

Ketiga, isilah jumlah kuantitas barang, kurir pengiriman, dan kode voucher promo bila ada. Pastikan alamat pembeli dan jumlah uang yang akan dibayar sudah benar dan sesuai.

Keempat, klik pilih pembayaran. Di menu pembayaran akan tersaji beberapa pilihan metode pembayaran seperti dompet digital OVO, kartu debit instan BCA, kartu kredit, transfer ATM bank, mobile banking, dan beberapa metode pembayaran lainnya. Setelah memilih metode pembayaran, klik Bayar.

Kelima, transaksi pembelian selesai dan akan menerima konfirmasi pembayaran sudah diterima pihak Tokopedia. Pembeli tinggal menunggu jawaban dari pihak penjual untuk diproses. Setelah barang dikirimkan oleh penjual, maka pembeli akan mendapat notifikasi pemberitahuan jika barang sudah dikirim.

Uang pembayaran dari pembeli terlebih dahulu masuk ke rekening Tokopedia. Bila barang yang dikirim sudah sampai ke alamat pembeli dalam kondisi baik dan sudah sesuai dengan pesanan, maka uang segera akan ditransfer oleh Tokopedia ke rekening penjual. Nah, demikian tahapan transaksi Tokopedia dari sisi pembeli, semoga bermanfaat dan tidak bingung lagi ya.

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon