10 Oktober 2020

Merintis Usaha Laundry


Usaha tak akan mengkhianati hasil. Apa pun usaha yang dijalankan sepanjang halal dan tidak bertentangan dengan aturan dan norma sosial maka jalani saja. Usaha yang dilakukan terus menerus pantang menyerah mesti akan mendapatkan hasil yang setimpal dengan usaha yang sudah dilakukan.

Usaha Laundry yang biasa dikenal dengan usaha cuci pakaian sangat booming dewasa ini. Usaha yang meski sangat lekat dengan kotoran ini mampu meningkatkan derajat ekonomi masyarakat terutama di kalangan menengah ke bawah.

Untuk merintis atau memulai usaha laundry, ada beberapa hal yang harus dipersiapkan. Pertama adalah tempat dan lokasi usaha. Kedua adalah peralatan dan perlengkapan usaha. Ketiga adalah sistem penjualan dan pemasaran. Dan keempat adalah sistem penetapan harga.

Tempat usaha bisa dilakukan di rumah. Kalau ada lahan kosong bisa dibangun kios berukuran kecil. Atau bisa juga menyewa bangunan yang sudah berdiri. Pertimbangan biaya menjadi faktor utama dalam merintis usaha laundry. Dengan menekan biaya serendah mungkin akan mempengaruhi harga jual jasa nantinya. Sementara lokasi usaha yang dipilih usahakan dekat dengan pemukiman, kampus, dan pusat bisnis. Karena seperti kata pepatah, di mana ada semut di situ ada gula.

Peralatan dan perlengkapan usaha berupa mesin cuci, mesin pengering, lemari atau rak pakaian, setrika dan sabun pencuci. Peralatan dan perlengkapan usaha bisa baru dan bisa juga bekas. Peralatan usaha yang digunakan sebisa mungkin berfungsi normal karena berpengaruh pada hasil cucian nantinya. Semakin bersih dan harum hasil cucian, maka konsumen akan senang dan berpotensi kembali menggunakan jasa laundry Anda.

Sistem penjualan dan pemasaran harus dirancang sebagus mungkin agar mampu meningkatkan pendapatan usaha laundry. Sistem penjualan bisa dilakukan secara konvensional dan secara digital (jemput bola). Pemasaran usaha laundry bisa dilakukan dengan melakukan presentasi dan menyebarkan brosur ke berbagai kampus, hotel, dan pemukiman yang dekat dengan lokasi usaha. Penjualan dan pemasaran secara digital bisa diterapkan dengan menggunakan platform media sosial dan situs internet mandiri.

Sistem penetapan harga bisa dilakukan secara satuan dan secara kiloan. Bila secara satuan, tentukan harga untuk masing-masing jenis pakaian. Namun bila secara kiloan, semua jenis pakaian bisa digabung menjadi satu keranjang untuk ditimbang, dan harga ditetapkan per kilogram. Untuk sprey tempat tidur diterapkan harga terpisah secara satuan.

Demikian ulasan cara merintis usaha laundry. Semoga bisa sedikit memberi gambaran bagi yang ingin menggeluti usaha laundry. Selamat berusaha ya.

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon