08 Oktober 2020

Beragam Cara Unik Promosi Bisnis


Dalam dunia bisnis tak ada istilah yang tak mungkin. Berbagai cara ditempuh oleh para pelaku usaha untuk meningkatkan omzet penjualan produk dan jasanya. Bisnis yang fleksibel dalam cara promosi akan mampu bertahan dalam perubahan zaman yang begitu cepat.

Beragam cara unik promosi bisnis mampu menarik minat konsumen. Cara promosi murah meriah tapi nyentrik menjadi tren dalam bisnis Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM). Opportunity Cost yang kecil menjadi pertimbangan pelaku UMKM dalam memilih cara unik promosi bisnis.

Tak sedikit pula pelaku UMKM rela merugi hanya sekadar memperkenalkan produk dan jasa agar dikenal banyak orang. Umumnya strategi unik ini dilakukan oleh usaha yang baru berjalan atau usaha yang sudah lama berjalam namun sepi pengunjung.

Banyak pelaku UMKM berbagai jenis usaha melakukan cara unik promosi bisnis. Mulai dari warung mie ayam, toko pakaian, salon kecantikan, restoran, hotel, showroom mobil bekas, toko bangunan, swalayan, pusat hiburan keluarga, cucian mobil, cukur rambut, toko gym, toko oleh-oleh, dan masih banyak lagi.

Pemilik warung mie ayam rela memberikan bonus uang tunai IDR100 ribu kepada pembeli yang mampu melahap 5 mangkok mie ayam sekaligus. Strategi promosi ini cukup berhasil, karena rata-rata konsumen hanya mampu memakan 2 sampai 4 mangkok mie ayam. Dengan kata lain, pembeli yang biasa makan 1 mangkok mie ayam, dibujuk secara halus untuk makan lebih dari 1 mangkok mie ayam.

Ada lagi sebuah restoran yang mematok satu harga untuk makan sepuasnya. Sebut saja harga IDR25 ribu bisa makan sepuasnya. Ketentuan promosi semacam ini kadang berhasil kadang tidak dalam menarik minat pembeli. Timing promosi perlu diperhatikan agar cara unit promosi bisnis seperti ini tidak sia-sia.

Contoh lain ada toko pakaian yang menawarkan promosi unik berupa beli 2 gratis 1 pakaian. Sebagian toko pakaian ada yang benar-benar menerapkan harga yang sesuai. Namun sayangnya, sebagian toko lagi menggunakan cara unik promosi bisnis tersebut dengan menaikkan harga hampir dua kali lipat, sehingga biarpun konsumen membeli 2 pakaian gratis 1 tetap toko memperoleh keuntungan.

Cuci gudang merupakan cara unik promosi bisnis yang paling ampuh. Gelar pesta diskon harga besar-besaran hanya untuk membersihkan gudang dari produk lama yang tidak laku. Alhasil banyak pembeli rela mengantre guna mendapat produk dengan harga miring. Biasanya usaha yang sering melakukan cuci gudang adalah toko pakaian, tas dan sepatu.

Member get member juga salah satu cara unik menarik minat konsumen. Cara unik promosi bisnis ini akan memberikan diskon harga kepada pelanggan yang sudah menjadi member dan mampu membawa calon member baru. Biasanya cara unik promosi bisnis ini dilakukan oleh salon kecantikan, usaha cucian mobil dan tempat cukur rambut.

Memberikan marketing fee atau komisi kepada siapa pun yang mampu membawa pembeli melakukan transaksi pembelian ke suatu toko, misalnya toko oleh-oleh, toko gym, restoran dan lain-lain. Konsumen yang membawa pembeli akan mendapat komisi dalam nominal rupiah tertentu sesuai ketentuan masing-masing toko.

Merchandise gratis juga menjadi cara unik promosi bisnis era milenial. Setiap pembeli yang datang dan melakukan transaksi akan mendapat merchandise gratis dari toko. Misalnya sebuah showroom mobil memberikan merchandise gratis berupa payung, sedotan minuman berbahan stainless steel, dan lain-lain.

Banyak cara unik promosi bisnis lainnya yang bisa diterapkan untuk meningkatkan omzet penjualan. Sepanjang cara tersebut tidak merugikan konsumen, maka cara unik apa pun bisa dilakukan dalam promosi bisnis UMKM sehingga bisa menciptakan kesetiaan pelanggan yang sangat bermanfaat dalam jangka panjang.

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon