17 September 2020

Peluang Bisnis Sepeda Cukup Menggiurkan


Peluang bisnis selalu muncul di setiap keadaan. Hanya saja, apakah seseorang mampu dan jeli melihat peluang tersebut. Terlebih di tengah resesi ekonomi global karena Pandemi COVID-19, banyak masyarakat melakukan aktifitas olah raga menggunakan sepeda, baik secara perorangan maupun kelompok (komunitas).

Kebosanan melanda karena lama tinggal di rumah atau hanya sekadar latah tak serta merta menjadi penghambat dalam menangkap peluang bisnis sepeda. Justru peningkatan volume aktifitas masyarakat menggunakan sepeda menjadi faktor utama dalam menggeluti bisnis toko sepeda.

Merambah dunia bisnis sepeda tak perlu pengetahuan khusus tentang sepeda. Cukup berbekal tekad dan kemauan, bisnis sepeda pun bisa terwujud.

Melihat rerata harga sepeda di pasaran yang berkisar dari harga IDR800 ribu sampai IDR100 juta, tidak perlu menyasar konsumen menengah ke atas. Cukup menyasar kalangan bawah untuk sepeda di kisaran harga IDR800 ribu sampai IDR1.500.000 sudah bisa menjadi pilihan bagus. Di samping tak butuh modal banyak, pelayanan purnajual pun tidak menjadi halangan.

Sepeda yang tersedia dari berbagai jenis baik untuk anak dan orang dewasa sangat lengkap di pasaran. Ada sepeda gunung, sepeda konvensional, sepeda anak-anak, sepeda lipat, dan lain-lain. Fitur sepeda pun sudah memadai seperti lonceng, lampu penerang di malam hari, shock empuk, hingga pilihan gir ringan sampai berat buat jalanan tanjakan dan datar.

Mungkin masih ingat kan seorang warga Klaten, Jawa Tengah bersemangat bersepeda ke Jakarta hanya untuk bertemu sang Artis Pujaan. Hal tersebut membuktikan bahwa sepeda sangat mumpuni untuk melakukan perjalanan jauh meski tidak secepat kendaraan bermesin.

Soal keuntungan, bisnis sepeda mengambil keuntungan di angka sekitar 30%. Misal, harga jual sepeda IDR1 juta, maka keuntungan sebesar IDR300 ribu per unit. Atau misal sepeda dibeli dari gudang pabrik sepeda dengan harga IDR700 ribu per unit, maka sepeda dijual dengan harga IDR1 juta setelah harga beli ditambah keuntungan.

Bagaimana sudah mantap ingin menggeluti bisnis sepeda? Segera siapkan tempat jualannya, persiapkan sistem penjualannya apakah online atau offline atau kedua-duanya, dan tentu saja modal seadanya dulu. Tidak harus langsung besar dan dalam jumlah banyak, cukup dengan 3 sepeda atau 5 sepeda dahulu, secara perlahan stok bisa ditingkatkan setelah unit sepeda terjual satu per satu.

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon