20 September 2020

Mengenal Fund Fact Sheet


Fund Fact Sheet sangat penting bagi investor sebagai bahan untuk mempelajari produk investasi reksa dana yang akan dibeli. Fund Fact Sheet menjadi semacam panduan atau referensi bagi pemodal dalam mengambil keputusan investasi pada produk reksa dana. Fund Fact Sheet hanya diperuntukkan bagi produk reksa dana saja, tidak untuk produk investasi yang lain.

Fund Fact Sheet berbeda antara Manajer Investasi yang satu dengan Manajer Investasi yang lainnya. Namun, secara umum informasi yang dimuat dalam Fund Fact Sheet hampir mirip semuanya meski berbeda-beda dalam format penyajian. Informasi tentang Fund Fact Sheet suatu produk reksa dana bisa diperoleh di masing-masing situs Manajer Investasi.

Fund Fact Sheet adalah lembaran yang memuat data atau informasi mengenai produk reksa dana, profil manajer investasi, kinerja dan indikator pembanding reksa dana dalam beberapa tahun terakhir, tujuan investasi, risiko investasi, kebijakan investasi, alokasi aset, analisis atau review pasar, 10 besar produk reksa dana, rincian biaya, profil Bank Kustodian, Bukti Kepemilikan Reksa Dana, dan Disclaimer. Untuk format penyajian Fund Fact Sheet disesuaikan dengan kebijakan masing-masing Manajer Investasi.

Fund Fact Sheet yang disajikan Manajer Investasi adalah Fund Fact Sheet per produk reksa dana, bukan gabungan produk reksa dana. Sebagai contoh, ada Fund Fact Sheet TRIM Dana Tetap 2, Fund Fact Sheet Manulife Dana Ekuitas, Fund Fact Sheet Reksa Dana BNP Paribas Rupiah Plus, Fund Fact Sheet Danareksa Mawar, dan masih banyak lagi.

Oleh karena itu, sangat penting dan wajib bagi pemodal untuk mempelajari Fund Fact Sheet dan Prospektus reksa dana terlebih dahulu. Hal ini sebagai bagian dari kampanye otoritas pasar modal bagi investor untuk memahami dan kemudian menikmati produk reksa dana.

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon