01 September 2020

Kenali Jenis dan Contoh Obligasi


Obligasi adalah surat utang jangka menengah dan panjang yang menjadi wadah investasi bagi penerbitnya untuk memperoleh sumber pendanaan dari investor. Penerbit obligasi wajib melunasi utang pada saat jatuh tempo sebesar nilai pokok (pari) obligasi tersebut kepada pemegang obligasi. Ada beberapa jenis obligasi antara lain Obligasi Negara, Obligasi Korporasi dan Obligasi Ritel.

Obligasi Negara adalah surat utang yang diterbitkan oleh negara dalam bentuk Surat Utang Negara (SUN) dalam jumlah nominal tertentu dan mempunyai tanggal jatuh tempo. Contoh obligasi negara antara lain SUN berbunga tetap, SUN berbunga variabel, Surat Berharga Syariah Negara, dan Surat Perbendaharaan Negara. Contoh produk obligasi negara seperti Surat Perbendaharaan Negara Syariah Seri SPNS11092020.

Obligasi Korporasi adalah surat utang yang diterbitkan oleh perusahaan korporasi baik BUMN, BUMD, maupun perusahaan lain dalam jumlah nominal tertentu dan memiliki tanggal jatuh tempo. Obligasi ada yang diterbitkan dalam bunga tetap dan ada juga dalam bunga variabel.

Obligasi Ritel adalah surat utang yang diterbitkan oleh negara yang dijual kepada investor ritel atau perorangan. Contoh obligasi ritel adalah ORI (Obligasi Ritel Indonesia) dan Sukuk Ritel (Obligasi Syariah) seperti Obligasi Negara Retail Seri ORI014.

Penerbit obligasi akan mendapat sejumlah nominal uang yang tertera dalam surat utang obligasi. Kemudian pemegang obligasi atau investor mendapat keuntungan berupa pendapatan bunga kupon obligasi (yield) yang dibayarkan secara berkala (per 1 bulan, 3 bulan atau 1 tahun) dan juga capital gain (selisih harga jual dan harga beli). Pilihlah obligasi dengan peringkat AAA dan BBB.

Obligasi adalah surat berharga efek yang dapat diperjualbelikan. Efek obligasi juga ada yang terdaftar di lantai Bursa Efek Indonesia (Pasar Sekunder) dengan jenis Obligasi Korporasi, Sukuk Negara, dan Sukuk Ritel. Bila ingin membeli obligasi bisa datang ke perusahaan manajer investasi, bank atau sekuritas yang bertindak sebagai agen penjual efek, dan agen penjual obligasi yang khusus ditunjuk pemerintah. (Baca juga artikel Yuk Investasi Obligasi di blog ini)

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon