06 September 2020

Cara Menghitung Payback Period


Dalam investasi atau pendanaan sebuah proyek, seorang atau sekelompok investor menanamkan dananya pada proyek tersebut dengan harapan bisa balik modal dalam waktu cepat dan memperoleh keuntungan secara berkelanjutan. Salah satu cara untuk menghitung waktu balik modal adalah dengan metode analisis keuangan Payback Period.

Metode Payback Period adalah metode analisis keuangan untuk menghitung berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk mengembalikan dana modal investasi awal. Dengan mengetahui berapa lama waktu balik modal, maka dapat membantu investor mengambil keputusan lanjut atau tidaknya membiayai proyek investasi tersebut. Selain itu, investor juga lebih tenang dalam merencanakan dan membangun bisnisnya dalam jangka panjang. 

Rumus untuk menghitung Payback Period adalah total dana investasi awal dibagi dengan proyeksi pendapatan per tahun dikalikan dengan 1 tahun, seperti rumus di bawah ini:

Modal Investasi Awal

_______________________ x 1 tahun

Proyeksi Pendapatan

Modal investasi awal adalah besarnya uang yang dikeluarkan investor untuk membiayai proyek investasi. Proyeksi pendapatan adalah taksiran pendapatan per tahun yang akan diperoleh di masa mendatang dari proyek yang didanai. Untuk lebih jelasnya akan disajikan beberapa contoh berikut ini.

Contoh pertama, Investor ABC mengeluarkan uang sebesar IDR10 miliar untuk mendanai proyek pembangunan mall di daerah Jawa Barat. Proyeksi pendapatan yang akan diperoleh di masa mendatang mencapai IDR2 miliar per tahun atau sekitar IDR167 juta per bulan. Maka lama waktu balik modal dapat dihitung sebagai berikut:

IDR10.000.000.000

___________________ x 1 Tahun

IDR2.000.000.000

= 5 Tahun.

Contoh kedua, Investor XYZ mengeluarkan dana sebanyak IDR200 miliar untuk membiayai proyek investasi pembangunan hotel bintang 3 di kawasan wisata Bali. Proyeksi pendapatan yang akan diperoleh di masa mendatang mencapai IDR25 miliar per tahun atau sekitar IDR2,08 miliar per bulan. Maka lamanya waktu balik modal dapat dihitung sebagai berikut:

IDR200.000.000.000

_________________ x 1 Tahun

IDR25.000.000.000

= 8 Tahun.

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon