30 September 2020

Budidaya Cabe Rawit di Polybag


Di tengah resesi ekonomi yang melanda dunia akibat Pandemi COVID-19, memaksa banyak orang untuk melakukan pola hidup hemat dan sehat. Salah satu bentuk penghematan yang bisa dilakukan adalah dengan mengurangi belanja rumah tangga untuk kebutuhan dapur, seperti sayur-sayuran dengan alternatif pengganti berupa budidaya.

Kebutuhan dapur yang utama adalah sayur-mayur dan buah-buahan, misalnya seperti cabe rawit. Bisa dibayangkan berapa banyak orang di dunia ini yang kesulitan memenuhi kebutuhan sayur-mayur dan buah-buahan lantaran kehilangan penghasilan akibat Pandemi COVID-19. Oleh sebab itu, salah satu cara untuk menyiasati agar kebutuhan nutrisi tubuh tetap terpenuhi adalah dengan melakukan budidaya cabe rawit di polybag.

Cabe rawit merupakan salah satu sayuran yang wajib ada di dapur. Sayuran pedas yang satu ini merupakan sajian khas nusantara yang selalu ada. Cabe atau cabai bisa dijadikan sambal, dan bahan berbagai makanan pedas lainnya. Walau harganya relatif murah namun siapa sangka masih ada yang tak sanggup membeli cabe rawit karena kondisi resesi akibat Pandemi.

Budidaya cabe rawit di polybag dilakukan tergantung tujuan yang hendak dicapai, apakah untuk dikonsumsi sendiri atau untuk dijual. Terlepas dari tujuan yang hendak dicapai, berikut beberapa hal yang wajib dipersiapkan sebelum melakukan budidaya cabe rawit di polybag. Pertama, polybag. Kedua, media tanam yang berisi campuran tanah subur, pupuk kompos atau pupuk kandang, dan sekam bakar. Ketiga, benih terong ungu siap semai atau siap tanam. Keempat, pupuk NPK atau pupuk PMLT 3 gram atau 10 gram. Kelima, pemeliharaan berupa penyiraman. Dan keenam, pemanenan.

Polybag adalah wadah untuk menaruh media tanam yang digunakan untuk menyemai benih cabe rawit. Gunakan polybag ukuran 10x10 cm untuk semai dan polybag ukuran 40x40 cm untuk pertumbuhan selanjutnya. Polybag terbuat dari bahan plastik tebal berwarna hitam sehingga tidak mudah sobek dan tahan terhadap beban media tanam. Harga polybag sangat murah yaitu antara IDR10.000 sampai IDR15.000 per pack (isi 15-30 lembar).

Media tanam adalah tanah campuran pupuk kompos dan sekam bakar. Kandungan unsur hara mikro dan makro sudah cukup memadai sehingga siap digunakan. Harga media tanam adalah sekitar IDR15.000 per karung. Bisa diperoleh di toko tani dan toko tanaman hias.

Benih cabe rawit bisa diperoleh di toko tani atau toko tanaman hias online dan offline. Harganya sangat murah yaitu IDR5.000 per pack (isi 50 benih). Disamping benih siap semai, benih cabe rawit juga bisa diambil langsung dari biji cabe rawit yang sudah matang. Setelah benih cabe rawit tersedia, buat lubang tanam sedalam 2-3 cm di polybag, dan masukan benih terong ungu ke dalam lubang polybag dan tutup halus pakai media tanam. Lalu siram permukaan media tanam dengan air sedikit saja agar lembab. Lama waktu semai benih cabe rawit adalah sekitar 3 minggu sejak masa tanam sampai tumbuh 2 helai daun. Setelah tumbuh beberapa helai daun, segera pindahkan bibit cabe rawit ke polybag ukuran lebih besar yaitu 40x40 cm. Hati-hati selama proses pemindahan terutama bagian akar jangan sampai terputus atau tertinggal.

Pemupukan bisa menggunakan salah satu dari pupuk NPK, pupuk PMLT dan Pupuk Organik Cair (POC). Pemupukan bertujuan agar tanaman sayuran cabe rawit makin subur baik batang, daun maupun buahnya. Harga pupuk per bungkus adalah IDR6.000 untuk NPK dan IDR37.500 untuk PMLT 5 kg. Pupuk NPK merupakan gabungan unsur Nitrogen, Posfor dan Kalium. Sedangkan, PMLT (Pupuk Majemuk Lengkap Tablet) merupakan pupuk paling lengkap unsur hara mikro dan makronya. Di samping kedua pupuk tersebut, ada pilihan lain yaitu pupuk organik cair (POC) yang bisa Anda bikin sendiri dengan cara mencampur air bekas perasan beras dengan air dari kolam ikan bekas dikuras (kolam drum plastik atau kolam sawah). Waktu pemupukan dan jumlah kuantitas pupuk perlu diperhatikan biar optimal hasilnya. Pemupukan bisa dilakukan setelah tanaman cabe rawit sudah berumur 8 minggu sejak masa tanam ditunjukkan dengan banyak daun yang tumbuh. Pemupukan berikutnya bisa dilakukan tiap 1 bulan sekali. Untuk takaran pupuk adalah sejumput jari telunjuk untuk NPK atau 1 butir PMLT jenis 10 gram. Letak menaruh pupuk pun harus agak jauh dari batang pokok utama sekitar 10 cm, agar lebih meresap tepat ke arah akar di bawah dan biar batang pokok utama tidak luka terkena pupuk. Khusus untuk POC bisa disesuaikan dengan kebutuhan penyiraman.

Perawatan tanaman sayuran cabe rawit harus dilakukan. Salah satu bentuk perawatan adalah penyiraman dan pembersihan hama. Untuk penyiraman bisa dilakukan 1 kali sehari. Pembersihan hama bisa dilakukan dengan secara rutin memeriksa tanaman dari serangan hama belalang, serangga, dan kutu putih. Cara membersihkan bisa langsung pakai tangan dan dilap dengan air bersih.

Pemanenan cabe rawit di polybag sudah bisa dilakukan pada saat usia 5 bulan ke atas sejak masa tanam di polybag. Pemanenan dilakukan dengan memetik buah yang sudah matang agar rasa pedas cabe rawit maksimal. Oke, selamat bercocok tanam ya.

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon