19 Agustus 2020

Penyebab Mobil BMW Overheat


Tiba-tiba kenyamanan terganggu saat mengendarai mobil BMW jenis sedan. Mencoba mencari tahu kenapa mobil terasa tak nyaman ternyata mesin mobil BMW mengalami overheat. Kenapa mobil BMW bisa overheat dan apa yang menjadi penyebabnya, yuk simak ulasannya berikut ini.

BMW dengan berbagai varian dan seri sangat digemari di seluruh dunia. Mobil lansiran pabrikan asal Munich, Jerman ini menyematkan sistem pendingin radiator pada mobilnya. Sehingga tak jarang para pemakai BMW baik seri lama maupun baru mengalami kejadian tak mengenakan yaitu overheat atau panas mesin berlebih.

Tanda-tanda mobil BMW mengalami overheat atau panas mesin berlebih antara lain jarum indikator suhu naik lebih dari separo, kadang terjadi semburan air radiator dari area mesin dan parahnya lagi bisa membuat mesin tiba-tiba mati alias mogok.

Beberapa penyebab mobil BMW mengalami overheat antara lain disebabkan oleh air radiator berkurang, kebocoran tabung radiator, kebocoran selang, baut bleeding aus, dan lain lain. Untuk memastikan penyebabnya, harus dilakukan pengecekan satu per satu pada beberapa penyebab tersebut di atas.

Air radiator berkurang bisa jadi karena adanya kebocoran. Kebocoran yang terjadi mengakibatkan supply air ke mesin menjadi berkurang. Titik-titik kebocoran bisa berada di tabung radiator, selang radiator, waterpump, water jacket, dan baut bleeding. Level air radiator yang normal pada saat mesin dingin adalah berada pada garis yang sudah ditentukan. Bila level air radiator berkurang dari garis minimal, maka segera tambahkan. Untuk jenis air radiator disarankan menggunakan air coolant khusus untuk radiator.

Kebocoran tabung radiator terjadi karena faktor usia pemakaian. Kebocoran tabung radiator bisa terjadi di titik lokasi seperti tabung plastik reservoir, tabung alumunium retak atau buntu oleh banyak kotoran, dan tutup radiator yang pecah ulirnya. Biasakan rutin membersihkan tabung radiator agar aliran air menjadi lancar.

Kebocoran selang radiator paling sering menjadi penyebab mobil BMW overheat. Selang radiator yang getas terutama di bagian ujung rentan pecah atau sobek. Karenanya untuk mengecek pada bagian ini bila terjadi overheat.

Baut bleeding yang sudah aus juga menjadi penyebab mobil BMW overheat. Bila baut bleeding aus, maka berpotensi bagi udara palsu masuk. Padahal sistem pendinginan radiator BMW harus vacuum atau hampa udara. Untuk antisipasi, bawa selalu baut bleeding cadangan. Harga baut bleeding per pcs sekitar IDR30 ribu, dan bisa diperoleh di toko sparepart BMW online dan offline.

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon