10 Agustus 2020

Cara Setrum Aki Mobil BMW


Sistem pengisian daya pada mobil bensin masih menggunakan aki model konvensional. Ada 2 jenis aki yang beredar di pasaran yaitu aki kering dan aki basah. Pada kedua jenis aki tersebut bisa dilakukan penyetruman dengan menggunakan alat khusus portable.

Salah satu mobil bensin yang beredar di pasaran adalah sedan BMW. Mobil BMW pun masih menggunakan aki sebagai media pengisian daya agar sistem kelistrikan dapat berjalan. Namun, aki untuk mobil BMW berbeda kepala kutubnya dengan aki mobil jenis Jepang. Pada aki mobil BMW memiliki kutub kepala tenggelam yang sejajar dengan permukaan aki.

Pada mobil BMW, pengisian daya aki dibantu dengan alat yang bernama altenator. Bila daya aki sudah berkurang maka akan muncul simbol aki berwarna merah di layar speedometer. Jangan sepelekan tanda peringatan tersebut, segera lakukan charging atau setrum aki mobil BMW Anda.

Cara setrum aki mobil BMW dapat dilakukan dengan menggunakan alat setrum listrik portable. Bila aki jenis basah, isi dulu air aki sampai level maksimum. Namun, bila aki kering tidak perlu diisi air aki. Adapun cara setrum aki mobil BMW adalah sebagai berikut:

1. Colokan alat setrum portable ke sumber listrik, dan akan terdengar suara pertanda alat sudah bekerja
2. Kabel aki mobil bisa tetap terpasang dan juga bisa dilepas dari kutub aki
3. Pasang penjepit setrum positif warna merah terlebih dahulu ke kutub aki positif, lalu pasang yang penjepit setrum negatif warna hitam ke kutub aki yang negatif (jangan terbalik ya)
4.  Maka aki sedang dalam proses pengisian daya
5. Tunggu beberapa jam (tergantung daya Ampere alat setrum) hingga alat mencapai level maksimal
6. Jika setrum aki sudah penuh, lepas kembali kedua penjepit setrum yang negatif terlebih dahulu, baru kemudian yang positif
7.  Selesai.

Demikian ulasan singkat cara setrum aki mobil BMW, semoga sedikit membantu Anda.

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon