09 Agustus 2020

Cara Mudah Buka Warung


Bisnis menjadi salah satu pilihan hidup seseorang yang harus dihargai. Keputusan untuk buka warung biasanya dilandasi alasan karena lebih leluasa dalam mengatur waktu. Secara keuntungan pun cukup menjanjikan, karena rata-rata keuntungan usaha warung adalah 15% dari total omzet penjualan. Tidak perlu modal banyak untuk bisa memulai usaha warung, paling utama yang dibutuhkan adalah semangat dan tekad.

Penulis mencoba mengulas cara mudah buka warung yang bisa seseorang gunakan sebagai salah satu referensi atau panduan membuka usaha warung. Banyak macam usaha warung yang bisa dipilih, seperti warung kelontong, warung makan, warung pulsa, warung es buah, warung cemilan, warung pisang goreng, warung mie ayam, warung soto sapi, warung es kelapa muda, warung pakan burung dan masih banyak lagi.

Cara mudah buka warung tidak harus memiliki tempat bagus. Karena sekarang era serba digital, dimanapun lokasi Anda tinggal bisa dijadikan tempat usaha buka warung. Layanan digital usaha warung bisa seseorang manfaatkan seperti membuat situs web sendiri, mendaftar di layanan aplikasi GrabFood dan GoFood, dan lain-lain.

Bika Anda lebih memilih membuka warung yang ada fisik bangunannya, pertimbangkan untuk menyewa atau meminjam lahan tanah kosong ke teman, tetangga, kerabat dan saudara. Dengan begitu, Anda bisa menghemat anggaran, karena hanya tinggal membangun warung dari bahan bangunan seadanya (baru ataupun bekas). Pikirkan kira-kira siapa sasaran pembelinya, apakah ada potensi banyak pembeli atau tidak. Banyak pembeli pengertian di sini adalah jumlah pembeli minimal yang bisa jangkau agar Anda meraih keuntungan.

Untuk pengadaan stok barang dagangan, misal untuk warung kelontong, seseorang bisa mendapatkan langsung dari toko grosiran, petani dan peternak. Dan begitulah seterusnya, sambil juga Anda menghitung kapan stok menipis dan segera diisi (stock opname).

Untuk pengadaan bahan baku, misal untuk warung pisang goreng, bahan baku berupa pisang mentah dan tepung bisa didapatkan langsung ke petani pisang, dan tepung bisa diperoleh di toko grosiran.

Untuk modal, selain untuk menyediakan tempat berjualan, yang Anda butuhkan adalah modal untuk membeli sediaan barang dagangan atau bahan baku. Hanya itu saja cara mudah buka warung, tak ada cara lain yang lebih mudah. Paling utama dan yang terutama adalah mulai lakukan, jangan cuma berencana dan menunda-nunda.

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon