28 Agustus 2020

Cara Beli Reksa Dana Pasar Uang


Sebelum memutuskan melakukan investasi, kenali dulu produk investasi, kenali profil dan track record manajer investasi (terutama dalam 5 tahun terakhir), pelajari risiko yang mungkin timbul, baru kemudian mengetahui tingkat return yang akan diperoleh. Dalam investasi di mana pun berlaku prinsip high risk high return. Jadi, tak satu pun orang yang bisa menjamin keuntungan, kalau ada yang bisa menjamin keuntungan patut dicurigai. Setelah itu, tentukan tujuan investasi Anda, apakah untuk mempersiapkan dana darurat, tujuan konsumtif, atau untuk investasi murni.

Reksa dana adalah sertifikat yang menyatakan bahwa pemilik dana mempercayakan dana kepada manajer investasi untuk mengelola dananya secara profesional untuk diinvestasikan ke reksa dana dengan tujuan untuk mendapat return yang diinginkan. Reksa dana ada beberapa jenis antara lain reksa dana pasar uang, reksa dana pendapatan tetap, reksa dana saham dan reksa dana campuran.

Keuntungan membeli reksa dana adalah investor akan mendapat capital gain dan dividen. Capital gain adalah selisih harga beli dan jual reksa dana. Dan dividen adalah bagian yang disisihkan dari keuntungan yang dibagikan oleh manajer investasi sesuai kebijakan masing-masing manajer investasi untuk dibagikan kepada investor berdasar jumlah unit penyertaan reksa dana yang dimiliki.

Reksa dana pasar uang adalah salah satu produk reksa dana yang mana dana investor akan diinvestasikan oleh manajer investasi pada instrumen deposito dan Sertifikat Bank Indonesia (SBI). Instrumen efek surat berharga ini lebih bersifat jangka pendek, sehingga cocok dengan tipe investor yang agresif.

Keuntungan membeli reksa dana pasar uang adalah investor akan mendapat return berupa capital gain dan dividen (tergantung kebijakan masing-masing manajer investasi). Capital gain yang diperoleh investor dari selisih harga jual dan beli, asalnya adalah dari pendapatan bunga deposito dan bunga Sertifikat Bank Indonesia (SBI) di mana dana investor ditempatkan dalam bentuk reksa dana pasar uang.

Di samping keuntungan, terdapat risiko kerugian dari investasi reksa dana pasar uang antara lain capital loss, tidak mendapat dividen, dan risiko gagal bayar. Capital loss adalah selisih harga jual lebih rendah dari harga beli. Risiko gagal bayar bisa terjadi karena perusahaan manajer investasi mengalami kesulitan likuiditas atau kebangkrutan.

Cara beli reksa dana pasar uang ada 2 cara, yaitu pertama Anda bisa datang langsung ke perusahaan manajer investasi (pilih yang memiliki AUM atau dana kelolaan besar dan terdaftar di OJK). Kedua, Anda juga bisa melakukan transaksi langsung melalui kantor bank yang bertindak sebagai Agen Penjual Efek Reksa Dana (APERD). Persiapkan beberapa persyaratan seperti KTP, NPWP, dan dana yang akan diinvestasikan.

Setelah memutuskan melalui kantor apa melakukan investasi, kunjungi situs perusahaan manajer investasi di mana Anda ingin bergabung. Tujuan mengunjungi situs perusahaan manajer investasi adalah untuk mempelajari produk, profil, track record, prospektus dan fund fact sheet dari manajer investasi tersebut. Dengan membekali diri dengan pengetahuan dan informasi pendahuluan, akan dapat mengurangi dampak risiko yang akan dihadapi investor di kemudian hari.

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon