05 Agustus 2020

Belanja Pengalaman ala Milenial


Belanja identik dengan barang berwujud, entah perhiasan, pakaian, peralatan elektronik, kendaraan, tas, sepatu, aksesoris, dan sebagainya. Namun, di era milenial yang serba canggih dan praktis ini, belanja tak melulu soal barang tapi juga soal pengalaman.

Belanja pengalaman (experience shopping) menjadi tren di kalangan milenial karena kepuasan yang didapatkan sudah tak bisa dijelaskan dengan kata-kata. Semakin banyak pengalaman yang diperoleh dan dirasakan langsung maka semakin kaya kepuasan seseorang.

Seperti ungkapan harta tak dibawa mati, namun pengalaman akan dibawa sampai mati. Maka tak heran banyak generasi milenial memilih menghabiskan uang hanya untuk belanja pengalaman dibanding belanja barang.

Belanja pengalaman adalah kegiatan yang dilakukan seseorang atau sekelompok orang dengan mengorbankan sumber ekonomi pergi ke suatu tempat dengan tujuan untuk mendapat pengalaman yang tak terlupakan. Hal tersebut akan memberi kepuasan lahir dan batin pada orang-orang tersebut.

Banyak lokasi atau tempat bagus yang bisa Anda coba untuk belanja pengalaman. Biasanya, belanja pengalaman yang dilakukan kaum milenial adalah travelling ke luar kota atau ke luar negeri, outbond ke objek wisata alam, mengunjungi tempat hiburan keluarga, mendaki puncak gunung, menyelam ke dasar laut, berkemah di puncak bukit, pergi ke wahana permainan yang menantang adrenalin, menginap di villa tengah hutan, memancing di tengah laut, tamasya ke objek wisata terkenal, bersepeda ke daerah pegunungan dan hamparan sawah dan masih banyak contoh lainnya.

Kadang terbersit jikalau uang belanja pengalaman dikumpulkan pasti jumlahnya sangat banyak, kecuali Anda travelling ke mana-mana diendorse oleh perusahaan atau produk tertentu akan menjadi lain ceritanya. Yang pasti, dari manapun sumber ekonomi Anda tidak akan berakhir sia-sia jika rasa puas lahir dan batin itu didapat. Jadi, belanja pengalaman bukanlah suatu kerugian melainkan sebuah kebahagiaan yang pantas dirayakan.

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon