08 Juli 2020

Survive, Secure, and Success


Apakabar generasi milenial Indonesia? Perlu kalian tahu bahwa transformasi kehidupan setiap manusia itu berbeda-beda. Ada yang dari lahir sudah hidup enak, tapi ada juga yang sejak lahir hidupnya sudah menderita. Ada yang lahir sudah menjadi kaya karena harta dan bisnis warisan, dan ada juga manusia yang sejak lahir tanpa mewarisi apa-apa alias serba terbatas. Apapun itu, diatas langit masih ada langit dan tiada manusia yang sempurna. 

Memang, ukuran keberhasilan dan kebahagiaan seseorang mempunyai patokannya sendiri-sendiri. Ada yang bahagia tanpa hidup serba mewah, dan ada juga yang merasa sukses dengan hidup apa adanya. Namun, apapun latar belakang pendidikan dan pekerjaan Anda, secara umum tangga kehidupan manusia bisa dirangkai ke dalam 3 anak tangga, yaitu Survive, Secure, dan Success. 

Survive, anak tangga pertama adalah suatu kondisi dimana manusia dalam kondisi serba keterbatasan, berusaha keras untuk tetap bisa bertahan hidup di tengah situasi sulit. Mulai dari kebutuhan makan enak sangat sulit dipenuhi, tempat tinggal yang kurang layak, biaya sekolah yang kadang tertunggak, pakaian yang terbatas jumlahnya dan kurang variatif, dan berbagai tagihan bulanan yang tak kunjung lunas. Apabila anak tangga ini bisa Anda lalui, maka Anda akan memasuki level berikutnya yaitu anak tangga kedua, Secure. 

Secure adalah suatu kondisi dimana seseorang sudah mampu untuk memenuhi berbagai kebutuhan hidup, mulai dari biaya makan, sekolah, liburan, mempunyai tempat tinggal yang layak, dan bisa melunasi berbagai tagihan cicilan bulanan. Intinya, uang tersedia cukup namun tidak berkelebihan. Pada tahap ini, sebenarnya Anda sudah membuat dasar pijakan kuat untuk meraih kesuksesan. Setelah anak tangga kedua ini bisa Anda lewati, maka Anda akan memasuki level terakhir yaitu success. 

Success adalah suatu kondisi dimana seseorang sudah berhasil mencapai apa yang diinginkan dalam kehidupan ini. Beragam kebutuhan sudah bisa dipenuhi semua dan dimiliki sendiri, seperti rumah tinggal sendiri, mobil pribadi, aset investasi, punya tabungan buat hari tua, dan bebas piknik ke mana saja yang diinginkan. Pada tahap ini, seseorang bisa dibilang berada dalam kondisi berkelebihan dan tidak berkekurangan, seseorang yang berada dalam kondisi bebas finansial. 

Demikian ulasan singkat 3 anak tangga kehidupan yang bisa Anda jadikan panduan sebagai salah satu referensi dalam membantu Anda menapaki satu per satu anak tangga kehidupan tersebut.

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon