11 Juli 2020

Cara Setor Tunai di Mesin ATM


Anda tak harus pergi ke teller bank untuk setor tunai karena saat ini sudah tersedia mesin Anjungan Tunai Mandiri (ATM) yang menyediakan layanan setor tunai. Lantas, bagaimana cara setor tunai di mesin ATM tersebut? 

Sebelum menjabarkan tahap-tahapnya, penulis mau sampaikan bahwa era sudah berubah, sudah banyak terjadi disrupsi atau pergeseran cara-cara hidup terutama di dunia perbankan menghadapi era digital saat ini. Mulai dari cara menabung, transfer, tarik uang, dan pembayaran berbagai tagihan sudah bisa dilakukan dari jarak jauh alias online. 

Saat ini sudah banyak bank yang sudah menyediakan layanan setor tunai lewat mesin ATM, beberapa diantaranya adalah mesin ATM Bank BCA, BRI, Bank Mandiri, BNI, PermataBank, Bank CIMB Niaga dan Bank Danamon. Pecahan uang yang bisa setor tunai di mesin ATM adalah pecahan uang 50.000 Rupiah dan 100.000 Rupiah. Rata-rata jumlah lembar pecahan maksimal untuk setor tunai di mesin ATM berbagai bank berkisar antara 50 lembar sampai 150 lembar. Berikut cara setor tunai di mesin ATM: 

1. Pastikan dulu lokasi mesin ATM yang Anda kunjungi bisa melakukan setor tunai 

2. Setelah ketemu mesin ATM bisa setor tunai, masukan kartu debit ATM Anda 

3. Tekan PIN, lalu Ok 

4. Pilih menu setor tunai, dan pilih ke rekening Anda sendiri 

5. Masukan uang kertas pecahan IDR50.000 dan IDR100.000 maksimal 50 lembar. 

6. Jika sudah masukan uang, tunggu beberapa saat, maka di layar akan muncur konfirmasi jumlah rupiah yang dimasukan, setelah benar tekan Ok. 

7. Transaksi selesai. 

Disamping lewat mesin ATM, setor tunai juga bisa dilakukan lewat mobile banking yaitu cardless. Namun cara ini tetap menggunakan mesin ATM untuk setor atau tarik tunai. Penulis tidak melihat perbedaan mencolok dari kedua cara tersebut, lebih cepat langsung menuju mesin ATM saja. 

Guna kelancaran setor tunai di mesin ATM, pastikan uang kertas Anda tidak lusuh dan tidak terlipat. Karena mesin ATM akan menolak uang yang lusuh dan terlipat.

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon