27 Juli 2020

Cara Mundur Transmisi Manual BMW


Salah satu sedan premium asal Jerman, BMW sudah meluncurkan mobil sedan berjenis transmisi matik dan manual. Semakin baru seri BMW, maka transmisi yang tertanam sudah menggunakan transmisi matic tanpa pedal kopling. Mode manual pada mobil sistem berpenggerak roda belakang (RWD) ini sudah termasuk di dalam sistem transmisi maticnya.

Dalam sistem transmisi BMW seri terbaru, model perpindahan gigi baik matic maupun manual sudah tidak menggunakan pedal kopling, sehingga semua perpindahan gigi dioperasikan pada satu tuas transmisi (All in One Hand) dan pedal yang tersisa cuma tinggal pedal gas dan pedal rem. Sedangkan pada mobil BMW seri lama seperti E30, E34, E36 dan E39, sistem transmisi manual masih konvensional, dan pedal terdiri dari 3 yaitu pedal gas, pedal rem, dan pedal kopling. Letak pedal kopling adalah yang paling kiri. 

Agar transmisi manual ini bekerja dengan normal pada mobil yang menggunakan sistem penggerak roda belakang (RWD) ini membutuhkan beberapa komponen spare part seperti tuas transmisi, pedal kopling, master kopling, dan gearbox transmisi. Pastikan semua komponen tersebut berfungsi normal agar kendaraan tidak mengalami masalah selama dalam perjalanan.

Bila dibandingkan dengan mobil jepang pada umumnya, cara mundur pada transmisi manual BMW adalah kebalikannya. Bila pada mobil jepang cara menggerakan tuas transmisi (shift knob) adalah dengan digerakan ke kanan trus ke belakang, sedangkan pada mobil BMW seri lama, tuas transmisi digerakan kebalikannya yaitu ke kiri mentok terus ke depan. Cukup mudah bukan. 

Berikut penulis bagikan cara mundur pada transmisi manual BMW seri lama:

- Nyalakan mobil BMW Anda
- Posisikan tuas transmisi pada posisi Netral
- Injak pedal kopling sampai mentok (posisi pedal paling kiri)
- Lalu gerakan tuas transmisi ke kiri mentok trus ke depan
- Gas secara pelan-pelan dan di saat bersamaan lepas pedal kopling secara perlahan.

Beberapa tips agar sistem transmisi manual mobil BMW Anda awet. Pertama, biasakan memposisikan tuas transmisi pada mode Netral jika mobil dalam keadaan berhenti berhenti, baik di lampu merah maupun di parkiran. Kedua, saat melewati jalan tanjakan jangan gunakan kopling jika ingin berhenti beberapa saat, tapi gunakan rem tangan. Ketiga, jangan terlalu sering melakukan aksi drift pada mobil BMW Anda. Keempat, jika mobil sudah jalan normal lepaskan kaki kiri Anda dari pedal kopling. Dan kelima, hindari jalanan macet karena dapat mendorong Anda menjadi lebih sering menginjak pedal kopling yang berakibat kampas kopling dan master kopling cepat aus dan rusak.

Demikianlah ulasan dan tips singkat cara mundur transmisi manual BMW seri lama. Semoga menjawab kebingungan Anda selama ini.

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon