26 Juli 2020

Cara Membuka Kap Mesin BMW E34


Halo sobat Bimmer atau pemakai BMW E34 di manapun berada, kali ini penulis akan berbagi pengetahuan mengenai cara membuka kap mesin BMW E34. BMW merupakan salah satu sedan premium yang sangat banyak serinya, jadi wajar bila banyak orang di dunia ingin mengoleksi sedan keluaran Jerman tersebut. Ada banyak seri BMW antara lain BMW seri 3, seri 5, seri 7, seri 8 dan X Series.

BMW E34 adalah salah satu mobil BMW seri 5 yang diproduksi antara tahun 1989 sampai tahun 1997. Selain ciri khas pada bentuk body mobil yang eksotis, ciri khas mobil BMW E34 lainnya adalah pada kap mesinnya. Mobil pada umumnya, memiliki kap mesin membuka pada bagian ujung depannya, sedangkan pada mobil BMW E34 membuka pada bagian ujung belakang. Terbalik bukan. Bukan hanya kap mesin, transmisi manual BMW E34 pun mempunyai gigi mundur kebalikan dari mobil jepang pada umumnya (akan diulas pada bagian artikel berbeda).

Bagaimana cara kerja kap mesin BMW E34 membuka, berikut ulasannya. Kap mesin agar bisa berfungsi normal membutuhkan beberapa komponen yang melingkupinya antara lain tuas pembuka, kap mesin, busa peredam suara, engsel, tali kawat, dan shock absorber penyangga. Kap mesin pada sebuah mobil BMW berfungsi untuk melindungi mesin, memudahkan dalam kegiatan servis, dan sekaligus sebagai peredam suara. Kap mesin BMW E34 memiliki shock absorber sebagai penyangga apabila dalam posisi membuka. Untuk bisa membuka, kap mesin terhubung dengan tali kawat yang menghubungkan tuas pengait pembuka dan engsel kap mesin. Kap mesin BMW E34 pun bisa disetel ketinggiannya.

Cara membuka kap mesin BMW E34 adalah sebagai berikut:

- Tarik tuas yang berada di bawah lutut kanan driver yang menempel di body mobil sebelah kanan
- Tarik tuas sampai terdengar suara klik, maka kap mesin sudah dalam posisi tidak terkunci
- Kemudian, kap mesin ditarik ke arah depan sampai mentok
- Kemudian angkat bagian ujung belakang kap mesin, dan kap mesin pun sudah terbuka.

Demikian ulasan singkat mengenai cara membuka kap mesin BMW E34. Semoga membantu dan Anda sudah tidak bingung lagi terutama bagi para pemakai pemula mobil BMW E34.

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon