24 Juli 2020

Cara Menggunakan Dongkrak BMW E34


Toolkit sedan kelas premium seperti BMW tak perlu diragukan lagi keandalannya, seperti alat dongkrak. Mobil BMW seri 5 keluaran tahun tua pun sudah dilengkapi dengan tool kit yang ditaruh di bagasi belakang.

Salah satu toolkit BMW adalah alat dongkrak. Alat dongkrak pengangkat beban body mobil BMW E34 ini berbahan besi tebal dan mempunyai bentuk seperti huruf L. Keandalannya tak perlu diragukan lagi karena mampu menopang berat sedan BMW yang mencapai ribuan kilogram.

Umumnya alat dongkrak mobil berbentuk besi hidrolik lurus ke atas dan dongkrak buaya, namun bila digunakan pada mobil BMW, alat tersebut kurang cocok. Karena mobil BMW disamping memiliki body yang sangat berat, juga sudah memiliki alat dongkrak yang dirancang khusus untuk mobil buatannya sendiri. Jadi tidak sembarang alat dongkrak yang bisa cocok digunakan pada mobil BMW.

Sebelum mengaplikasikan alat dongkrak asli BMW E34, Anda perlu tahu posisi tempat meletakan alat dongkrak di body mobil. Di sisi kanan dan kiri body mobil bagian bemper paling bawah, Anda bisa melihat dan meraba lubang kecil terbuat dari besi, jumlahnya ada 2 lubang di sisi kanan dan 2 lubang di sisi kiri.

Baiklah, tanpa perlu berlama-lama, berikut penulis akan berbagi pengalaman cara menggunakan alat dongkrak asli BMW E34. Pertama, putar tuas dongkrak ke kiri berlawanan arah jarum jam, putarlah tuas sampai bantal dudukan ke posisi paling rendah. Kedua, lalu posisikan alat dongkrak tepat berada di bawah lubang yang ingin Anda dongkrak. Ketiga, putarlah pelan-pelan tuas gagang dongkrak ke kanan searah jarum jam sampai ujung bantalan menyentuh lubang body mobil dan terdengar suara klik. Keempat, saat sudah siap mengangkat beban, putarlah gagang tuas ke kanan searah jarum jam secara pelan-pelan. Putarlah sampai pada posisi yang diinginkan. Kelima, alat dongkrak asli BMW ini tidak ada pengunci karena posisi sudah benar-benar kuat. Keenam, setelah selesai, putarlah kembali gagang tuas dongkrak ke kiri berlawanan arah jarum jam sampai bantalan ke posisi paling bawah.

Bagi Anda pemilik BMW E34 yang sudah tidak memiliki alat dongkrak bisa mendapatkannya ke toko atau pedagang spare part BMW bekas. Perkiraan harga alat dongkrak bekas pakai mencapai IDR750.000. Demikian sedikit ulasan mengenai cara menggunakan alat dongkrak BMW E34, semoga bermanfaat.

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon