23 Juli 2020

Cara Akses Pendanaan DigiKU (Digital Kredit UMKM)


Digital Kredit UMKM atau disingkat DigiKU merupakan platform digital besutan pemerintah bersama Himpunan Bank-Bank Milik Negara (Himbara) untuk mendorong pertumbuhan 1 juta Usaha Kecil, Mikro dan Menengah (UMKM) Indonesia melalui bantuan permodalan IDR4,2 triliun sehingga akan membentuk suatu ekosistem digital yang kuat dan tidak rentan krisis. Proses pengajuan kredit digital ini hanya memakan waktu 15 menit melalui aplikasi pinjaman online milik lembaga perbankan yang tergabung dalam Himbara. Adapun bank-bank yang tergabung dalam Himbara antara lain Bank Mandiri, Bank Rakyat Indonesia (BRI), Bank Negara Indonesia (BNI) dan Bank Tabungan Negara (BTN).

Perlu Anda tahu bahwa total jumlah pelaku usaha UMKM di Indonesia adalah 64 juta UMKM. Baru 8 juta UMKM yang terkoneksi secara digital, jadi masih ada 56 juta UMKM yang belum terkoneksi secara digital. Di sinilah peran platform DigiKU dibutuhkan untuk mendorong pertumbuhan perekonomian nasional melalui akses permodalan. Sebagai informasi, jumlah pengguna internet di Indonesia diperkirakan sekitar 180 juta atau sekitar 70% dari total penduduk Indonesia, bila pengguna internet tersebut dimaksimalkan akan tercipta suatu ekosistem digital yang besar dan kuat yang pada akhirnya memperkuat ketahanan ekonomi Indonesia.

Platform DigiKU dirancang untuk menselaraskan database pelaku UMKM yang tergabung dalam ekosistem digital dengan database pelaku UMKM yang menjadi debitur Bank-Bank Milik Negara (Himbara). Adapun plafon pinjaman yang ditawarkan DigiKU adalah sampai dengan IDR20 juta dengan tenor pinjaman 1 sampai 12 bulan. Lalu bagaimana dengan cara akses pendanaan DigiKU bagi para pelaku UMKM, penulis akan sajikan untuk Anda sebagai berikut:

1. Secara permodalan, usaha Anda tergolong dalam usaha kecil, mikro dan menengah
2. Usaha Anda berada di wilayah negara Republik Indonesia
3. Usaha sudah berjalan minimal 1 tahun
4. Usaha tidak sedang bangkrut
5. Memiliki rasio angsuran pinjaman maksimal 30% dari total pendapatan bulanan
6. Melakukan registrasi pengajuan pinjaman digital melalui aplikasi pinjaman online milik bank-bank Himbara seperti Ceria BRI, Pinang BRI, Mandiri Pintar (dalam proses), BNI Fleksi (BNI Mobile Banking), dan BTN (dalam proses).
7. Melengkapi persyaratan digital yang diperlukan.

Untuk bisa mengakses layanan pinjaman online DigiKU, Anda harus mendownload terlebih dahulu aplikasi pinjaman online berbasis android milik Bank-Bank Himbara (Bank Mandiri, BRI, BNI, dan BTN) tersebut di atas. Untuk bisa mendownload aplikasi tersebut, pastikan smartphone Anda terkoneksi jaringan internet. Nah, bagi Anda yang masih bingung dengan cara akses pendanaan DigiKU, buruan daftar agar tidak kehabisan Plafon DigiKU.

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon