08 Juni 2020

Perbandingan Biaya Hidup di Singapura


Jumlah Produk Domestik Bruto (PDB) Indonesia mencapai IDR15.800 triliun pada tahun 2019, sedangkan negara Singapura memiliki PDB sebesar IDR5.348 triliun atau 382 miliar USD pada tahun 2018. Namun untuk pendapatan per kapita penduduk, Indonesia memiliki jumlah lebih kecil dibanding Singapura. Pada tahun 2019, pendapatan per kapita penduduk Indonesia mencapai IDR60 juta atau USD4.285 per tahun, sedangkan Singapura mencapai IDR980 juta atau USD70.000 per tahun. 

Perbedaan jumlah penduduk antara Indonesia dengan Singapura sangat besar selisihnya. Hal inilah menjadi salah satu penyebab kenapa pendapatan per kapita Indonesia lebih kecil dibanding Singapura. 

Jika melihat angka harapan hidup antara Indonesia dan Singapura, sedikit lebih baik Singapura. Angka harapan hidup Singapura mencapai 82 tahun, sedangkan angka harapan hidup Indonesia hanya 68 tahun. 

Jika Anda pernah pergi makan ke restoran di Indonesia dan Singapura sangat besar perbedaan harganya. Biaya makan di Indonesia paling murah IDR10 ribu, sedangkan di Singapura biaya makan termurah IDR100 ribu. Bisa dibayangkan tingginya biaya hidup di Singapura dibanding Indonesia dari segi biaya makan saja. Belum lagi biaya tinggal di hotel atau rumah tinggal. 

Kemudian dari segi transportasi, memang biaya transportasi di Singapura tergolong murah jika menggunakan moda transportasi publik karena menggunakan sistem yang terintegrasi secara digital. Namun apabila bepergian menggunakan taksi online seperti Grab, ternyata sedikit lebih mahal di Singapura. Sekali jalan saja di dalam kota, kita bisa menghabiskan IDR100 ribu untuk rute pendek. Hal ini memang karena biaya pajak di Singapura tergolong mahal dan banyak. Hampir mirip pajak yang berlaku di Amerika Serikat. 

Singapura memang negara yang sangat kecil dengan luas wilayah 721 km persegi, tetapi mampu menjadi negara yang memiliki tingkat daya saing global nomor 1 di dunia. Mayoritas sektor ekonomi Singapura didominasi oleh sektor jasa dan pariwisata. Itulah salah satu keunggulan kompetitif Singapura dibanding Indonesia. Secara sumber daya alam Indonesia lebih unggul, tapi secara sumber daya manusia jelas Singapura lebih unggul. Masing-masing negara punya kelebihan dan kekurangan. Namun tergantung dari kacamata mana kita melihatnya. Sebagai informasi tambahan, secara Indeks Pembangunan Manusia (IPM), Indonesia masih kalah dengan negara tetangga ASEAN yang berada di peringkat 6.

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon