22 Juni 2020

Mengenal Sistem Pembayaran QR Code


Quick Response (QR) Code adalah kode bar (barcode) yang digunakan dalam sistem pembayaran digital secara sangat cepat. Sebuah QR Code terdiri dari kombinasi kode sandi rahasia berupa numerik, alfanumerik, biner dan kanji. 

Sistem pembayaran QR Code adalah suatu alat pembayaran digital secara resmi dalam suatu transaksi dengan menggunakan kode bar (barcode) rahasia secara cepat, mudah dan aman. Sistem pembayaran QR Code dibuat oleh Penyelenggara Jasa Sistem Pembayaran yang sudah terdaftar dan disetujui oleh Bank Indonesia. 

Sistem Pembayaran QR Code dikembangkan oleh Bank Indonesia dan Asosiasi Sistem Pembayaran Indonesia (ASPI). Setiap merchant atau toko yang menggunakan QR Code dalam sistem pembayaran transaksi wajib terdaftar pada sistem QR Code yang sudah tersandardisasi oleh Bank Indonesia dan ASPI. 

Model sistem pembayaran QR Code ada yang bersifat statis dan dinamis. Statis artinya sistem pembayaran suatu transaksi menggunakan scan layar smartphone tanpa mengandung nilai nominal sehingga perlu dilakukan input nominal secara manual. Sedangkan, dinamis artinya sistem pembayaran sudah mengandung nilai nominal pada saat scan barcode pada stiker atau struk belanja. Secara otomatis saldo dompet digital atau rekening bank akan berkurang. 

Cara kerja sistem pembayaran QR Code berlaku untuk semua aplikasi sistem pembayaran yang sudah terdaftar dan bekerja sama dengan Bank Indonesia dan ASPI. Beberapa contoh sistem pembayaran yang support QR Code dan sudah tersedia di pasaran antara lain OVO, LinkAja, Go Pay, Dana, dan M-Banking. 

Anda tinggal menginstal aplikasi dompet digital dan M-Banking pada smartphone Anda. Setelah terinstal, pastikan saldo rekening bank dan dompet digital Anda sudah terisi. 

Sistem Pembayaran QR Code sudah mulai berlaku secara penuh di Indonesia sejak Januari 2020. Sistem Pembayaran QR Code yang terstandarisasi harus mengadopsis standar internasional EMV Co. Standar ini digunakan untuk mendukung interkoneksi dan interoperabilitas antarnegara dalam suatu sistem pembayaran digital QR Code. 

Keuntungan menggunakan sistem pembayaran QR Code disamping mudah, cepat dan aman juga tidak dikenakan biaya tambahan. Jadi tunggu apalagi, segera instal aplikasi pembayaran QR Code di smartphone Anda sehingga mendukung sistem pembayaran nontunai di Indonesia.

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon