06 Juni 2020

Investasi Jangka Panjang Pohon Sengon


Anda ingin menghasilkan uang dalam jangka panjang? Salah satu pilihan yang bisa Anda ciptakan adalah investasi pohon sengon. Pohon sengon dalam bahasa latin Albizia Chinensis merupakan salah satu tanaman keras yang biasanya tumbuh di hutan-hutan. Namun tidak sedikit juga masyarakat yang membudidayakan pohon sengon di lahan kebun mereka. 

Pohon Sengon rata-rata memiliki usia panen 4 sampai 8 tahun, tergantung jenis Sengon, jarak tanam, dan pemupukan. Pembibitan pohon Sengon bisa diperoleh dari toko tani atau distributor yang terpercaya. Rata-rata harga bibit sengon per batang sebesar Rp2 ribu.

Jenis dari pohon Sengon yang paling sering ditanam adalah Sengon Salomon dan Sengon Laut. Untuk benih Sengon bisa dibeli dari toko tani yang terdapat di Kota Anda. Kemudian benih bisa disemai pada media tanam. Setelah persemaian berhasil, maka bibit sengon bisa dipindah ke lahan yang sudah disiapkan.

Lahan tempat menanam sengon harus dioleh sedemikian rupa seperti tanah yang subur dimana tanah sudah dicampur pupuk. Pupuk bisa berupa pupuk kandang, pupuk NPK, dan pupuk PMLT. Jarak tanam bisa 1x1m, 2x2m, 3x3mx 4x4m, dan 5x5m, tergantung tujuan penggunaan kayu tersebut. Diusahakan lahan tempat ditanam sengon memiliki suasana rindang, tidak tandus, terutama di lahan berpasir karena memiliki hawa panas.

Apabila kayu sengon ditanam untuk dikonsumsi menjadi kayu bakar maka jarak tanam bisa 1x1 meter. Namun bila kayu sengon ingin digunakan pada industri kertas dan kayu lapis, maka jarak tanam bisa 3x3 meter dan 4x4 meter. Semakin lebar jarak tanam maka semakin besar ukuran kayu sengon saat panen.

Untuk pemupukan pada usia 0 hari sampai 2 tahun maka dilakukan pemupukan 3 bulan sekali. Namun saat usia sengon diatas 2 tahun maka dilakukan pemupukan 6 bulan sekali. Dan apabila sudah mencapai usia 3 tahun dan seterusnya, pemupukan cukup dilakukan setahun sekali.

Pemasaran produk kayu Sengon pun sangat menjanjikan. Dikutip dari berbagai sumber, harga kayu sengon per batang bisa mencapai Rp300 ribu sampai Rp1 juta, tergantung ukuran diameter batang kayu sengon.

Nah, Anda tertarik ingin menanam pohon sengon? Jangan ditunda lagi, segera kerjakan!

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon