Kamis, 01 November 2018

Mengenal Kartu Kredit

Tags


Bagi anda yang belum mengenal kartu kredit, di sini akan dibahas apa itu kartu kredit, keuntungan apa saja yang didapat dan hal apa saya yang perlu dihindari agar tidak terjebak utang kartu kredit.
Kartu kredit adalah sebuah kartu yang berisi limit kredit yang dapat digunakan untuk belanja di mana saja sepanjang tertera logo visa dan mastercard.  Apa itu visa dan mastercard ?  Visa dan Mastercard International adalah perusahaan internasional yang menerbitkan kartu kredit secara global.  Dalam praktiknya, Visa dan Mastercard International menggandeng beberapa perusahaan terutama perbankan untuk penerbitan kartu kredit jenis ini.

Kartu kredit bisa dimiliki oleh siapa saja, baik karyawan, pengusaha maupun kalangan profesional. Persyaratan pengajuan kartu kredit untuk karyawan antara lain copy kartu identitas, slip gaji, dan copy kartu kredit bank lain.  Untuk kalangan profesional dan wiraswasta biasanya disyaratkan copy SIUP/TDP/HO dan copy surat ijin praktik.

Kartu kredit memiliki 3 macam yaitu silver, gold dan platinum.  Untuk kartu kredit silver memiliki limit kredit antara IDR3 juta sampai IDR5 juta. Kartu kredit gold memiliki limit kredit antara IDR5 juta sampai IDR25 juta.  Dan kartu kredit platinum memiliki limit kredit diatas IDR25 juta.  Namun jumlah limit kredit tergantung kebijakan masing-masing bank/perusahaan penerbit.

Beberapa fitur yang ditawarkan kartu kredit bisa digunakan berbelanja di merchant atau supermarket online dan offline yang menerima logo visa dan mastercard.  Aneka diskon ataupun gratis iuran tahunan menjadi pelengkap fitur kartu kredit.  Pembayaran berbagai tagihan listrik, telpon, cicilan kredit. Untuk pembayaran kartu kredit baik full maupun minimum payment bisa menggunakan auto debit atau langsung ke teller bank yang bersangkutan.


Hal yang perlu anda hindari agar tidak terjebak utang kartu kredit adalah jangan menggunakan limit kartu kredit sampai over.  Bayarlah cicilan kartu kredit secara tepat waktu atau minimum payment apabila benar-benar minim cash.  Hindarilah berutang dengan menambah kartu kredit baru dengan maksud untuk melunasi kartu kredit yang sekarang.  Demikian beberapa hal yang bisa disajikan bagi anda yang ingin mengenal kartu kredit.  Semoga bermanfaat bagi anda yang berniat ingin memiliki kartu kredit.


EmoticonEmoticon