Minggu, 27 Mei 2018

Gurihnya Bisnis Dropshipper

Tags


Bisakah Anda menjalankan suatu bisnis tanpa toko dan tanpa gudang ? Ya di era internet saat ini tentu saja jawabannya bisa, apa sih yang gak bisa di era serba online sekarang ? Hanya dengan bermodalkan laptop dan koneksi internet, Anda sudah bisa berbisnis online.  Banyak orang yang sudah sukses membuktikannya.  Nah, bisnis apa yang bisa dijalankan tanpa toko dan tanpa gudang menurut Anda ? Ini dia jawabannya, bisnis Dropshipper, yaitu salah satu bisnis yang bisa meraup uang dalam jumlah banyak.

Apa itu bisnis dropshipper ?  Bisnis dropshipper adalah bisnis yang mana Anda tidak perlu memiliki toko dan gudang fisik, Anda hanya tinggal mencari partner bisnis seperti supllier atau usaha produksi rumahan, untuk kemudian produk dari supplier atau usaha produksi tersebut Anda pasarkan secara online.  Cukup mudah bukan ?  Tidak juga, karena produk yang nantinya akan dijual benar-benar produk yang sangat menarik minat pembeli.

Mencari supplier atau usaha produksi rumahan yang mau diajak kerjasama tentu tidak mudah namun tidak juga terlalu sulit.  Misalnya, Anda mau jualan aksesoris interior mobil, Anda tinggal mencari supplier atau pembuat produk aksesoris mobil tersebut, lalu Anda ajak kerjasama bisnis dalam hal usaha penjualan dan pemasaran produknya. Untuk memasarkan produk aksesoris mobil tersebut tentu Anda harus sudah mempersiapkan strategi marketing yang jitu agar partner bisnis Anda nanti tidak kecewa.

Strategi marketing seperti apa yang jitu agar cepat mendatangkan pembeli dan uang ? Dalam bisnis dropshipper yang menjadi senjata utama adalah akses internet.  Strategi marketing yang menggunakan akses internet antara lain membuka situs toko online, facebook ads, google adword, Instagram, dan situs marketplace.  Berikut penulis uraikan strategi marketing tersebut satu per satu untuk Anda.
Pemasaran produk lewat situs toko online cukup dengan membuat situs web sendiri. Anda bisa buat sendiri atau membayar jasa web developer untuk membuat situs web.  Situs web yang beralamat di dunia internet menggunakan URL world wide web (WWW).  

Setelah membuat situs web Anda harus membayar jasa sewa hosting server, yaitu tempat semua file data Anda disimpan.
Pemasaran produk lewat Fabecook Ads, sebuah iklan bersponsor dari Facebook bisa terbilang cukup efektif karena disamping tertarget dengan baik, pengguna Facebook juga memiliki jumlah yang sangat besar mencapai 2 milyar user di seluruh dunia saat ini.  Besar biaya promosi untuk produk Anda di Facebook mulai dari IDR 350.000 atau USD 25.

Pemasaran produk lewat Google Adword juga cukup efektif, karena jasa iklan ini disediakan oleh Google, sebuah perusahaan raksasa mesin pencari di internet.  Iklan produk di Google Adword ada yang berupa iklan baris maupun bergambar.  Untuk kemudian iklan tersebut didistribusikan ke penayang-penayang (publishers) yang sudah bekerja sama dengan pihak Google Adsense.

Pemasaran produk lewat Instagram menjadi populer belakangan ini.  Instagram menjadi media promosi terbesar nomor 3 setelah Facebook dan Google.  Pemasaran produk lewat Instagram ini cukup mudah dan gratis.  Anda tinggal membuat akun Instagram, lalu upload foto produk Anda ke dalam akun instagram.  Namun agar produk Anda dikenal luas di media sosial Instagram, Anda harus memiliki follower yang banyak.  Jangan khawatir, Anda bisa menggunakan jasa seseorang untuk meningkatkan  jumlah follower akun Instagram Anda.

The last but not least, memasarkan produk lewat situs marketplace dunia seperti Amazon, Alibaba, dan eBay.  Jumlah penduduk dunia yang mencapai 5 milyar orang tentu menjadi cara yang ampuh untuk mendatangkah uang dollar.  Situs marketplace lokal juga bagus untuk memasarkan produk seperti Bukalapak dan Tokopedia. Harap Anda tahu jumlah pengguna internet di Indonesia  mencapai 100 juta orang saat ini.  Kemudian, caranya Anda hanya tinggal membuat akun di masing-masing situs marketplace tersebut.  Kemudian Anda upload foto beserta harga produk.  Namun memasang produk yang dijual di situs marketplace dunia lebih sulit daripada memasang produk di situs marketplace lokal, karena ketatnya aturan pada situs marketplace dunia.

Nah Anda yang belum paham tentang dunia dropshipper, sekarang menjadi paham bukan.  Inilah cara meraup uang dari bisnis dropshipper.  Segeralah mulai beraksi, karena tidak ada bisnis yang berhasil tanpa dimulai.


EmoticonEmoticon