26 Oktober 2020

Tips Aman Memilih Ban Mobil Bekas

Ban merupakan salah satu komponen utama yang sangat krusial dalam sebuah mobil. Bila salah satu ban mengalami masalah, maka akan mengganggu keseimbangan berkendara. Akibatnya keselamatan jiwa pengemudi dan pengendara lainnya menjadi terancam.

Ban mobil memang direkomendasikan menggunakan ban baru. Meski baru, ban tetap harus memperhatikan tahun produksi. Bisa jadi ban baru yang dijual di pasaran, sebagian merupakan stok lama di gudang.

Namun, bila pilihan ban baru menjadi sulit dipenuhi secara finansial, maka tak ada salahnya menggunakan ban bekas untuk sementara waktu.  Tips aman memilih ban mobil bekas harus memperhatikan beberapa hal antara lain jenis ban, tahun produksi ban, kondisi ban bagian luar dan dalam, dan ukuran ban.

Jenis ban bekas yang dipilih harus sesuai dengan model dan jenis mobil. Tidak pas jika ban mobil truk dipakai untuk mobil sedan. Kemudian, ban bekas yang dipilih apakah berjenis tubeless atau ban biasa menggunakan ban dalam. Kedua jenis ban tersebut memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing.

Tahun produksi ban bisa dilihat pada pinggir ban bagian luar. Tahun produksi untuk ban bekas disarankan tidak melebihi 5 tahun, karena mobil dipakai untuk mobilitas sehari-hari. Kecuali, ban bekas digunakan untuk mobil yang jarang dipakai, dan lama di garasi, bisa memilih ban bekas yang tahun produksi di atas 5 tahun. Jadi, untuk mobil pemakaian sehari-hari, disarankan menggunakan ban bekas yang memiliki tahun produksi 5 tahun terakhir.

Kondisi ban bekas bagian luar dan dalam wajib diperhatikan. Kondisi ban bekas layak pakai adalah ban yang bagian dalam dan luarnya memenuhi beberapa kondisi antara lain ban tidak bocor, ban tidak kembung, ban bukan siletan, ban tidak ada bekas tambalan, dan permukaan pori-pori ban tidak pecah-pecah.

Ukuran ban juga harus sama untuk semua. Tidak boleh antara ban kiri dan ban kanan berbeda ukuran, karena bila hal itu dilakukan maka mobil akan berjalan tidak seimbang. Meski demikian, antara ban depan dan ban belakang boleh tidak sama, asalkan ukuran antara ban kiri dan ban kanan tetap sama.

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon