25 Oktober 2020

Tahapan Transaksi Tokopedia dari Sisi Penjual


Berbelanja online di marketplace seperti Tokopedia dan Shopee sudah menjadi kebiasaan baru masyarakat di era digital saat ini. Begitu juga bagi penjual, sekarang tak harus punya toko fisik, cukup dengan membuka toko online di Tokopedia, sudah bisa berjualan produk apa saja kepada konsumen yang tersebar di seluruh penjuru Indonesia.

Bagi yang sudah tak sabar ingin buka toko online lewat aplikasi Tokopedia, banyak manfaat yang bisa diperoleh. Selain bisa menjangkau konsumen dari seluruh wilayah di Indonesia, berjualan online menggunakan Tokopedia dapat meningkatkan omzet penjualan.

Dalam transaksi jual beli di Tokopedia, ada beberapa tahapan yang mesti dipahami oleh penjual sebelum bergabung dengan Marketplace Tokopedia. Setelah mendaftar lewat aplikasi Tokopedia Seller, penjual sudah bisa melayani pembelian dari konsumen.

Dalam transaksi penjualan di Tokopedia, Penjual akan melewati beberapa tahapan transaksi. Adapun tahapan transaksi tersebut antara lain penjual menerima order pembelian, penjual memproses order pembeli, penjual order pick up kurir, dan penjual menerima uang penjualan dari pembeli.

Tahapan pertama, penjual menerima order dari pembeli, seketika itu juga penjual mengkonfirmasi untuk menerima pesanan dari pembeli. Uang dari pembeli saat itu juga langsung masuk ke rekening Tokopedia untuk ditahan menunggu barang sampai ke tangan pembeli dalam kondisi baik.

Tahapan kedua, penjual memproses pesanan pembeli dengan menyiapkan produk yang sudah dikemas atau dipacking rapi. Penjual harus teliti dalam membungkus produk yang dipesan, pastikan sesuai dengan pesanan pembeli baik ukuran, warna dan jumlah.

Tahapan ketiga, penjual melakukan order pick up ke kurir untuk mengambil paket barang yang sudah terbungkus rapi ke alamat penjual. Bila kurir sibuk, penjual bisa mengantar langsung paket produk ke kantor kurir terdekat. Pastikan alamat pembeli sudah benar. Untuk nomor resi pengiriman akan terinput secara otomatis ke dalam sistem Tokopedia. Namun, ada beberapa kurir yang nomor resi pengiriman harus diinput secara manual oleh penjual.

Tahapan keempat, penjual menerima uang atas penjualan produk yang sudah ditahan pihak Tokopedia setelah produk yang sudah dikirim sampai ke alamat pembeli dalam kondisi baik. Hal ini dilakukan untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan, seperti barang tidak dikirim atau barang tidak sesuai dengan pesanan.

Demikian penjelasan tahapan transaksi Tokopedia dari sisi penjual. Semoga artikel ini bisa memberi sedikit gambaran mengenai transaksi jual beli secara online melalui Marketplace Tokopedia yang berguna bagi penjual.

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon