12 Agustus 2020

Strategi Promosi Advertorial


Keberhasilan sebuah produk dan jasa sangat bergantung pada saluran promosi yang dipilih. Saluran promosi yang sudah umum seperti media massa cetak dan online, media eletronik televisi dan radio, dan media sosial menjadi pilihan strategi pemasaran produk atau jasa untuk menggaet konsumen. Namun, ada pilihan strategi promosi yang belum banyak digunakan yaitu promosi advertorial di media massa baik offline maupun online.

Advertorial adalah salah satu alat promosi produk dan jasa menggunakan media massa baik cetak maupun elektronik dalam bentuk kemasan berita. Mungkin Anda sering menjumpai advertorial pada saat membaca berita di media massa. Biasanya ada rubrik atau kolom khusus untuk advertorial di media massa.

Manfaat menggunakan advertorial sebagai sarana promosi produk, jasa atau event adalah murah dari segi biaya, mampu menjangkau banyak kalangan, dan kemasan promosinya mampu menghipnotis para pembaca. Ada banyak media massa baik cetak maupun elektronik yang menawarkan jasa pemasangan iklan berupa advertorial seperti Kompas, Media Indonesia, Bisnis Indonesia, Republika, detikcom, dan lain-lain.

Cara membuat sebuah berita advertorial mirip dengan membuat sebuah pamflet atau selebaran, sehingga pembaca tidak sadar jika sedang membaca sebuah iklan. Perhatikan konten yang dimuat harus to the point, dan tidak bertele-tele. Konten advertorial memuat antara lain profil usaha, produk dan jasa yang ditawarkan, manfaat dan keuntungan produk dan jasa, harga yang bersaing, fasilitas dan benefit yang diperoleh, dan lokasi usaha atau event.

Bahasa redaksional yang digunakan sebisa mungkin menggunakan bahasa bernuansa promosi yang mudah dipahami dan dicerna audiens. Konten berita promosi advertorial dibuat seringkas dan sepadat mungkin, tidak perlu panjang lebar dan bertele-tele. Yang penting, pesan yang ingin disampaikan ke pembaca bisa tersampaikan secara jelas. Buatlah pembaca terhipnotis secara tanpa sadar sedang membaca sebuah iklan promosi.

Jangan lupa menyertakan gambar atau foto produk, karena gambar sangat berpengaruh. Kombinasikan uraian dan gambar foto agar terlihat hidup dan tidak monoton. Jangan saling mendominasi antara uraian berita dan foto, terlalu banyak uraian dengan minim foto membuat promosi menjadi kurang menarik. Khusus untuk gambar atau foto, gunakan foto berwarna, bukan hitam putih karena unsur pewarnaan juga sangat berpengaruh.

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon