02 Agustus 2020

Perbedaan Velg Mobil BMW dan Velg Mobil Jepang


Penampilan sebuah mobil sangat dipengaruhi oleh velg yang dipakai. Velg standar bawaan mobil kadang sudah kurang enak dipandang sehingga mendorong pemilik mobil mengganti dengan velg racing atau custom.

Penampilan sebuah mobil kadang berbenturan dengan kenyamanan serta kecepatan. Sudah banyak yang mengalami. Ingin tampil keren tapi dipakai kurang nyaman, dan begitu sebaliknya.

Velg mobil ibarat sepatu, semakin bagus sepatu yang dipakai maka semakin bangga yang memakai. Tapi sebelum Anda mengganti velg mobil BMW, perlu diketahui terlebih dahulu spesifikasi velg mobil BMW dan perbedaannya dengan velg mobil jepang.

Velg mobil BMW memiliki spesifikasi lubang PCD 5x120, sedangkan velg mobil jepang memiliki spesifikasi lubang PCD 5x114. Jadi sebelum membeli velg, tanyakan dulu ke penjual berapa ukuran lubang PCDnya.

Selanjutnya, dalam sebuah velg mobil BMW terdapat ukuran ET dan lebar velg. Umumnya ET untuk velg BMW seri 3 diatas 25, sedangkan untuk BMW seri 5 dan seri 7, umumnya memiliki ET dibawah 25. Semakin kecil angka ET nya, maka semakin bagus buat BMW seri 5 dan seri 7. Kadang pemakai BMW sering menggunakan spacer agar velg bisa dipakai di semua seri BMW.

Untuk ukuran lebar velg OEM BMW pada umumnya memiliki lebar 7-8. Sedangkan, untuk velg racing atau custom BMW memiliki lebar 8,5-9,5. Semakin lebar velgnya maka semakin bagus penampilannya (tetap disesuaikan selera pemakai).

Ukuran ban yang cocok dengan velg BMW tergantung selera pemakai. Ada yang memakai ban dengan ketebalan sangat tipis, namun ada juga yang suka memakai ban dengan ketebalan tinggi. Semakin tebal sebuah ban, maka semakin empuk rasanya.

Salah satu efek menggunakan velg BMW jenis racing atau custom, pemakai harus menggunakan baut lebih panjang dari ukuran standar. Harga baut velg BMW yang baru adalah IDR25 ribu per pcs. Perlu dicatat bahwa untuk ukuran baut velg BMW seri terbaru sudah menggunakan ukuran lebih besar.

Disamping itu, untuk menunjang pemakaian velg racing atau custom lebih optimal, biasanya pemakai mobil memodifikasi suspensi seperti per dan shock. Buat para pecinta lower stance, mobil ceper lebih digandrungi, sehingga tidak jarang yang harus memotong per suspensi atau menjepit per menggunakan part khusus.

Untuk harga velg racing atau custom mobil BMW sendiri bervariasi. Untuk harga velg original yang baru berkisar antara IDR15 juta sampai IDR30 juta. Sebut saja velg merk BBS, Racing Dynamics, AC Schnitzer, Alpina, OZ, Breyton, dan masih banyak lagi.

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon