10 Agustus 2020

Modus Bobol Rekening Pakai Struk ATM


Struk ATM adalah kertas berisi catatan transaksi Anda di mesin ATM, dan akan keluar secara otomatis setelah selesai menggunakan mesin ATM. Ada 3 informasi penting dalam struk ATM, yaitu nomor rekening, nama pemilik rekening dan jumlah uang (penarikan/transfer/saldo). Oleh karena itu, apabila ketiga informasi tersebut jatuh ke tangan orang lain maka ada kemungkinan rekening bank Anda menjadi mudah dibobol oleh pelaku kejahatan.

Sejak awal punya kartu ATM, penulis selalu merobek struk ATM agar lebih aman. Begitupun dengan Anda, sebaiknya struk ATM dimusnahkan dengan cara dirobek setelah menggunakan mesin ATM. Bisa juga struk ATM difoto menggunakan ponsel sebelum dirobek, atau disimpan di dalam dompet.

Dengan berbekal informasi awal di struk ATM, modus pelaku kejahatan biasanya mengincar pelaku yang memiliki saldo uang yang banyak. Kemudian, modus digabungkan dengan cara lain yaitu mengganjal lubang mesin ATM dengan alat khusus yang mampu merekam pita magnetic kartu atm. Atau pelaku kejahatan menawarkan bantuan saat kartu ATM korban tak bisa digunakan, dengan sekejap mengganti kartu ATM korban dengan kartu palsu. Makanya untuk mengantisipasi hal tersebut, biasakan selalu menutup papan ketik mesin ATM menggunakan telapak tangan pada saat memasukan nomor PIN.

Modus memakai struk ATM juga bisa digabungkan dengan cara lain oleh si pelaku kejahatan. Misalnya saja mencari informasi tambahan tentang biodata calon korban di pasar gelap dunia maya, jika ketemu data yang dicari maka pelaku akan menelpon call center bank calon korban dengan berpura-pura sebagai nasabah dengan maksud ingin merubah nomor ponsel yang terdaftar. Dengan merubah nomor ponsel maka si pelaku bisa mengakses aplikasi mobile banking calon korban. Sangat rumit memang modus pelaku kejahatan, karena memang semakin canggih perkembangan teknologi maka semakin canggih pula aksi para pelaku kejahatannya.

Sudah banyak contoh korban aksi kejahatan tersebut di atas, karena itu bekali pengetahuan Anda untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan. Robek struk ATM, tutup pakai tangan saat memasukan nomor PIN, jangan meminta bantuan kepada orang tak dikenal saat berada di mesin ATM, segera memblokir rekening jika kartu ATM tertelan, ganti kartu ATM pakai model chip dan sangat disarankan menggunakan aplikasi mobile banking di ponsel Anda.

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon