12 Agustus 2020

Booming Bisnis Kurir Online


Barang atau jasa bisa sampai ke tangan pembeli adalah berkat jasa kurir. Begitu strategisnya peran kurir, menjadikannya sebagai bisnis yang sangat menjanjikan di era internet saat ini. Booming bisnis kurir online di era digital saat ini merupakan jawaban atas tuntutan perubahan zaman yang terjadi.

Ada banyak pendatang baru pelaku bisnis kurir online, sebutlah GoSend, GrabSend, AnterAja, SiCepat, Ninja Express dan lain-lain. Tak menutup kemungkinan jumlahnya akan terus bertambah.

Pelaku lama di industri ini berusaha kuat bertahan di tengah kepungan pelaku bisnis kurir online. Ditambah isu jumlah pengguna internet dan smartphone yang terus meningkat seiring dengan peningkatan jumlah pelaku ecommerce dan marketplace online, tidak ada pilihan lain bagi pelaku industri jasa pengiriman konvensional melebarkan sayap ke bisnia kurir online. Salah satu pelaku lama industri cargo atau kurir adalah PT Pos Indonesia.

Bagi yang berminat berkecimpung di industri pengiriman barang ini, perlu mempersiapkan beberapa hal, antara lain sistem aplikasi berbasis web dan android, gudang, manajemen, dan tenaga kurir. Mulailah dengan riset pasar, apabila hasil riset menunjukan hasil positif maka bisa dilanjutkan dengan pembuatan rencana bisnis dan studi kelayakan.

Hasil dari sebuah studi kelayakan dan rencana bisnis adalah sebuah model bisnis yang akan dijalankan perusahaan dalam memenuhi kebutuhan pasar lewat penyediaan produk atau jasa yang presisi. Model bisnis yang dibangun dalam ekosistem digital benar-benar mumpuni.

Sistem aplikasi kurir online berbasis web dan android harus menyajikan konten yang menawarkan fitur kemudahan, kecepatan dan keamanan. Sebagai contoh fitur simulasi ongkos kredit dan tracking pengiriman paket barang. Setelah itu pastikan aplikasi siap diunduh oleh para konsumen melalui smartphone di Google Play Store dan IOS AppStore.

Gudang penyimpanan paket barang harus tersebar secara merata di tiap distrik atau kabupaten agar mudah dalam menjangkau paket dan konsumen. Aspek keamanan menjadi hal pokok dalam isu gudang penyimpanan. Layanan pickup barang juga sedang menjadi tren bagi pelaku bisnis kurir online.

Manajemen dan tenaga kurir sudah masuk ranah Manajemen Sumber Daya Manusia (SDM). Mempersiapkan tenaga kurir yang dapat diandalkan dan dapat dipercaya melalui sebuah rekrutmen berkualitas. Sistem penggajian dan tunjangan bagi SDM sangat penting bagi keberlangsungan bisnis perusahaan.

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon