10 Juli 2020

Tips Tukar Uang Saat Liburan ke Luar Negeri


Bagi Anda yang suka jalan-jalan ke luar negeri tentu membutuhkan persediaan mata uang asing yang cukup. Jika tidak punya cukup persediaan, siap-siap Anda tidak bisa bertransaksi, karena tiap negara memiliki mata uang sendiri-sendiri. Di negara mana Anda berada, maka mata uang yang sah digunakan adalah mata uang negara tersebut, bukan mata uang negara dimana Anda berasal. Untuk negara yang menggunakan mata uang yang berbeda dengan negara Anda, maka Anda perlu mempersiapkannya sebelum berangkat. 

Ada beberapa pilihan untuk memenuhi sediaan mata uang asing di saku Anda, pertama Anda tingggal menukar uang Rupiah ke money changer terdekat di kota Anda. Atau Anda juga bisa menggunakan kartu debit berlogo mastercard atau Visa yang sudah ada di pasaran seperti BCA Mastercard, BNI Mastercard, dan lain-lain. Kartu debit tersebut bisa Anda gunakan untuk menarik uang di mesin ATM luar negeri yang ada logo Mastercard atau Visa. Tentu mata uang yang keluar dari mesin ATM adalah mata uang negara dimana mesin ATM tersebut berada, contohnya Malaysia, maka uang yang ditarik tentu dalam mata uang Ringgit. 

Pada saat Anda membuka rekening tabungan di bank dalam negeri, biasanya diberikan pilihan apakah ingin menggunakan kartu debit ATM berlogo GPN atau Mastercard/Visa. Logo GPN adalah kapanjangan dari Gerbang Pembayaran Nasional yang diinisiasi oleh Bank Indonesia, hanya saja penggunaannya cuma bisa di dalam negeri. Sedangkan kalau berlogo Visa atau Mastercard bisa digunakan di dalam negeri dan luar negeri. 

Oya, untuk Anda yang belum pernah menukar uang di money changer, ada 2 macam kurs yang diberlakukan yaitu kurs beli dan kurs jual. Bila Anda ingin menukar uang rupiah ke mata uang asing maka Anda dikenakan kurs jual. Sebaliknya, bila ingin menukarkan mata uang asing ke rupiah, maka Anda dikenakan kurs beli. Kenapa begitu? Ya tentu saja selisih harga tersebut merupakan keuntungan bagi money changer. 

Jadi, Anda mau pilih cara yang mana? Sebelum memutuskan menggunakan cara yang mana, pastikan negara tujuan Anda tersedia mesin ATM berlogo Visa atau Mastercard, karena tidak semua negara terdapat mesin ATM berlogo Visa atau Mastercard, terutama di negara-negara tertinggal.

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon