31 Juli 2020

Perbedaan e-Money dan e-Wallet


Era digital membuat perubahan besar-besaran pada gaya hidup dan perilaku masyarakat zaman now. Lihat saja cara pembayaran nontunai yang sedang marak belakangan ini, tak pelak membuat Anda harus menyesuaikan diri dengan perubahan yang terjadi.

Dalam transaksi pembayaran digital dikenal apa yang namanya eMoney dan eWallet. Mungkin tak sedikit yang tahu apa itu eMoney dan eWallet dan apa fungsinya di ranah ekosistem digital.

Emoney adalah uang elektronik berwujud kartu berbasis chip yang digunakan dalam transaksi online. Contohnya transaksi pembayaran tol, belanja di supermarket, dan lain-lain. Sedangkan, eWallet adalah dompet digital berbasis aplikasi android yang digunakan dalam sistem pembayaran marketplace online atau ecommerce. Contohnya GoPay, OVO, LinkAja, dan DANA.

Sudah mulai paham kan bedanya eMoney dan eWallet. Untuk bisa mendapatkan kartu eMoney, Anda bisa membelinya di berbagai supermarket atau langsung datang ke kantor bank yang menerbitkannya. Sedangkan, untuk bisa mendapatkan eWallet, Anda cukup mendownload aplikasi di Google dan IOS Play Store. Daftar di aplikasi eWallet smartphone Anda.

Banyak contoh eMoney yang beredar di tengah masyarakat seperti BRIZZI milik Bank BRI, Flazz milik BCA, TapCash milik BNI, dan eMoney milik Bank Mandiri. Sedangkan contoh eWallet antara lain GoPay, OVO, LinkAja, DANA, dan lain-lain.

Agar eMoney dan eWallet Anda bisa digunakan tentu harus ada saldonya. Untuk mengisi dan top up saldo bisa dilakukan di mesin ATM, mobile banking, dan merchant-merchant tertentu.

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon