Jumat, 09 November 2018

Era Internet dan Keuntungannya

Tags


Era internet sudah tiba. Sebuah era yang sudah dinikmati mulai dari jaman generasi x, generasi y (milenial) dan generasi z sekarang ini. Karena itu bersiaplah menghadapinya, jika tidak Anda akan digilas. Awal berkembangnya internet di Indonesia adalah pada tahun 1995 an. Saat itu, situs yang sudah online masih minim, beberapa situs yang penulis ingat salah satu diantaranya adalah situs berita detikcom. Saat itu, infrastruktur dan fasilitas internet masih sangat memprihatinkan ditambah tingkat literasi teknologi masyarakat Indonesia sangat rendah alias gaptek.

Penemu internet (world wide web) adalah Tim Barners Lee pada tahun 1995.  Dia menemukan saat bekerja di Jeneva, namun saat itu masih dalam bentuk intranet (antarruang dalam kantor). Mulai saat itu dunia sudah bisa terhubung dengan internet namun jumlahnya koneksi internet masih sangat sedikit saat itu.  Internet yang terkenal dengan URL World Wide Web nya langsung berkembang sangat cepat. Saat diciptakan pertama kali pada tahun 1990an, Tim Barners Lee tidak mendisain sampai secanggih platform aplikasi saat ini seperti social media, digital forensik, dan ecommerce. Seiring berjalannya waktu jumlah pengguna internet semakin bertambah.  Saat ini saja jumlah pengguna internet di seluruh dunia mencapai 2 milyar lebih pengguna aktif, dan di Indonesia mencapai 130 juta lebih pengguna internet aktif.

Dan sekarang bisa Anda bandingkan, internet sudah maju pesat. Internet sudah menjamur di mana-mana, segala lini kehidupan pun sudah dirambahnya. Apa untungnya internet bagi Anda terutama kepada para pelaku usaha UMKM ? Ya banyak sekali untungnya. Anda bisa memasarkan produk/jasa Anda ke siapa saja, di mana saja dan kapan saja. Disamping itu, usaha Anda makin dikenal dunia hanya dari yang namanya jaringan internet.  Meski Anda tidak punya produk/jasa tapi Anda bisa mendapat keuntungan dari bisnis dropship.

Sebagai contoh, seorang pengusaha gerabah. Dia bisa memasarkan produk gerabahnya ke seluruh dunia hanya lewat internet tentu dengan tarif murah. Kemudian seorang pengusaha baju, bisa memasarkan bajunya ke banyak pengguna internet hanya dengan bermodalkan laptop dan jaringan internet. Mau sekolah atau seminar, sekarang pun bisa dilakukan melalui internet.  Tidak perlu datang ke lokasi yang jauh dari tempat tinggal, Anda pun sudah bisa menikmatinya.  Masih banyak contoh lainnya yang bisa menjadi inspiransi Anda dalam menggeluti dunia bisnis di era internet sekarang ini.

2 comments


EmoticonEmoticon